25.10.17

Bumil ngebolang? Siapa takut!


Saat hamil, kondisi tubuh memang banyak berubah. Akan tetapi hamil tidak menjadi hambatan ibu untuk beraktifitas. Bila kondisi kehamilan dinyatakan sehat oleh dokter, ibu hamil tidak perlu khawatir untuk beraktifitas normal seperti saat sebelum hamil. Yang penting, perhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Perhatikan alarm tubuh

Jalani aktifitas normal seperti biasa. Namun, ibu hamil harus lebih peka dengan alarm tubuh. Saat tubuh mulai terasa lelah dan perut terasa kencang, ibu harus beristirahat. Nggak harus bedrest juga sih, tapi duduk santai sambil nonton TV atau sosmedan juga bisa.

2. Beritahukan kondisi kehamilan ibu saat di tempat umum

Ibu hamil itu diistimewakan. Iya dong, tubuh ibu hamil kan membawa dua nyawa, jadi harus diistimewakan. Untuk kasus bepergian dengan transportasi umum seperti pesawat, jangan lupa beritahukan kondisi kehamilan ibu. Walau ibu hamil sehat-sehat saja, tapi berdasarkan peraturan keselamatan di udara, ibu hamil harus menandatangani surat pernyataan. Dan ibu hamil dengan kandungan di atas 27 minggu (7 bulan ke atas), harus disertai keterangan dokter. Peraturan ini bukan untuk menyulitkan ibu hamil, tapi justru untuk melindungi keselamatan ibu hamil itu sendiri.

Begitu juga saat di kendaraan umum seperti di bus kota atau di KRL. Ibu hamil berhak loh diutamakan untuk mendapatkan tempat duduk. Atau, kalau memang penumpangnya pada 'bebal', lesehan aja Bu. Kebangetan deh kalo sampe belum ada yang ngasih juga, hahaha!

3. Selalu berpikir positif dan senang

You are what you think. Ibu hamil yang sehat dan bahagia diawali dari pikiran positif dan senang dari ibu itu sendiri. Nggak perlu parno sama kondisi kehamilan ibu. Pegal-pegal dan ngilu itu wajar dialami ibu hamil. Selama tidak ada flek dan tidak mengalami lemas berlebih, nggak perlu khawatir beraktifitas normal ya Bu.

Selamat beraktifitas dan menunggu kelahiran buah hati ^_^

Postingan dalam rangka Collaborative Writing KEB. Trigger post dari Mak Dewi dengan alamat blog https://www.sanguinhijabi.wordpress.com/
Reaksi:

1 komentar:

  1. Wah bumil jalan-jalan terus... Refreshing bikin hepi ya mak..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...