Stimulasi si Kecil untuk #PintarnyaBeda

Satu-satu kuatnya anakku    Dua-dua juga hebat akalnya   Tiga-tiga dekat dengan semua   Satu, dua, tiga, pintarnya memang beda.. ...

10.2.17

Cara Mudah Menambal Besi Keropos Mobil Dengan Plat Besi


Plat besi adalah jenis besi yang berbentuk lembaran. Umumnya plat besi dapat digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi dan industri. Harga jual plat besi dapat dikatakan relatif murah, sehingga tidak hanya perusahaan besar atau industri saja yang dapat membel, masyarakat umum pun bisa membelinya. Salah satu barang yang memanfaatkan plat besi dalam pembuatannya adalah mobil.

Plat besi umumnya dapat dibentuk - bentuk sesuai dengan keinginan. Plat besi juga dapat digunakan untuk menambal bagian mobil yang lubang atau rusak akibat keropos. Bagaimana caranya ? Berikut langkah - langkahnya :

Bahan dan Alat
1. Plat besi
2. Gerinda dan mata gerinda potong
3. Kertas
3. Las listrik
4. Pensil atau bulpoin
5. Palu


Cara Membuat

Langkah awal, siapkan alat dan bahan terlebih dahulu, setelah semua alat dan bahan siap. Cari pada bagian mana plat mobil yang keropos dan berlubang. Potong bagian tersebut. Hasil potongangan plat ini, ambil dan gunakan sebagai template atau contoh untuk membuat plat pengganti.

DSC09246

Selanjutnya, letakkan template diatas kertas. Lalu gunakan kertas tersebut untuk menjiplak bentuk dan dimensi dari plat yang keropos tersebut. Keroposnya plat besi biasanya dikarenakan besi yang dipakai memang dalam kategori lemah, dalam artian kualitasnya kurang bagus. Biasanya semakin mahal harga jual plat besi, maka semakin bagus juga kualitasnya. Perhatikan juga ketebalan plat besi yang dipilih. Semakin tebal, tentu semakin kuat. Walau harga jual plat besi tersebut semakin mahal.

Setelah di potong sesuai dengan tanda dengan menggunakan gunting, selanjutnya transfer kertas hasil potongan tersebut pada potongan plat baru yang akan dijadikan media penambal. Gunakan pensil untuk membuat garis. Buatlah penanda sedikit lebih besar dari ukuran kertas.

DSC09253


Kemudian, potong plat besi menggunakan gerinda potong. Disarankan menggunakan gerinda potong dengan ketebalan mata potong 1 mm. Untuk memudahkan proses pemotongan.

Selanjutnya, bentuk plat baru tersebut persis sesuai dengan plat yang rusak sebelumnya. Jika alat yang tersedia terbatas, gunakan kombinasi dari berbagai perlatan seperti palu, strecher atau shrinker, dan english wheel, gerinda untuk membentuk plat. Misal ingin melengkungkan, maka beri tanda bagian mana yang perlu di tekuk, lalu buatlah beberapa potongan menggunakan gerinda. Sedikit catatan, semakin banyak bagian yang di potong, maka semakin mudah pula membentuk plat tersebut, tetapi semakin banyak juga bagian yang di las nantiya.

Setelah melakukan proses diatas, jepit plat pada ragum dan pukul menggunkan palu hingga membentuk yang diharapkan. Disarankan menggunakan palu karet agar bagian yang dibentuk tidak rusak atau penyok. Biasanya semakin mahal harga jual plat besi tersebut, semakin sulit dan keras untuk dibentuk.

Setelah memiliki bentuk yang hampir mirip. Gunakan palu besi hingga mendapatkan bentuk curve yang mirip dengan besi rusak sebelumnya.

DSC09268

Terakhir pasang dan las kembali pada lantai mobil yang lubang tadi, Sangat mudah bukan. Jangan khawatir plat baru yang Anda pasang tersebut, meski kurang rapi namun kekuatannya dipastikan sekuat aslinya.

Reaksi:

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...