27.9.16

Ngobrol Blogger DIY Bersama Mas Cyndo dan BCA

Ketika ada informasi kalau Blogger Perempuan Network menggandeng Bank Swasta akan mengadakan acara di Yogyakarta, aku tertarik mendaftar. Saat itu aku memang belum tahu bank yang mengundang bank apa, tapi karena selama ini memang belum pernah bekerja sama dengan bank mana pun, jadi apa pun banknya, aku nggak masalah. Apalagi sekarang lagi jarang acara blogger, jadi senang saja kalau ada acara kumpul blogger, karena berarti bisa kopdar sama teman-teman blogger Jogja.

Setelah tahu kalau bank yang mengadakan acara ini adalah Bank BCA, aku jadi tambah semangat ikutan acara ini. Karena ternyata di acara ini nanti, Bank BCA akan memaparkan salah satu inovasinya, yaitu Sakuku. Ibarat gayung bersambut, karena sebelumnya aku memang penasaran sama produk ini. Awal penasaranku karena katanya Sakuku ini bebas biaya administrasi.


Hari yang ditunggu tiba, bertempat di Roaster & Bear Coffee pada hari Senin, 5 September 2016 pukul 17.00 WIB, aku, Elzha, Manda, Mas Jarwadi, dan Mas Priyo sudah siap untuk registrasi. Ternyata Mak Yoanna dan Mak Sarah sudah datang lebih dulu. .

Selesai registrasi, kami menuju ke tempat photo booth dan antri satu persatu buat difoto sama beruang lucu ini. Aih, kece to the max ini. Ada harapan di balik tulisan yang aku bawa ini. Pastinya harapan semua blogger ya, pengen blognya jadi best seller. Aamiin.
I'm blogger best seller. Aamin.

Waktu belum menunjukkan pukul 6 sore sehingga masih sempat untuk Solat Maghrib terlebih dahulu. Tak lama setelah solat dan kembali ke tempat duduk, acara kemudian dibuka oleh MC. Jadi karena konsepnya ngobrol bareng, jadi informasi nggak hanya dari satu arah. MC bergerilya dari satu meja ke meja lain untuk mengorek informasi dari blogger-blogger yang hadir.

Paling seru waktu MC menyambangi Pak Bowo. Pembawaan Pak Bowo yang sangat 'akademis' membuat MC mengira kalau Pak Bowo itu dosen UGM. Hampir benar sih mas MC-nya, karena Pak Bowo memang tenaga pengajar. Hihi. Pada kesempatan ini, Pak Bowo ditanya seputar kegiatan ngeblognya dan hal berkesan selama ngeblog. Katanya ngeblog itu asyik karena jadi bisa kenal banyak adek-adek yang keren. Eaak, sontak kami semeja tertawa keras. Ya iyalah adek sepupunya yang kece ada di sebelahnya. Hihi. Pada kesempatan ngobrol ini, MC berhasil mengajak interaksi peserta acara. Pinter aja cari peserta acara yang nyentrik. Termasuk ngajak ngobrol Koko, blogger Magelang yang mirip Adul.
Pak Guru lagi diwawancara
Selesai ngobrol singkat itu, kemudian waktunya makan malam. Efisiensi waktu pada acara ini cukup bagus menurutku. Pelayan Roaster & Bear cepat dan sigap memberikan makanan pesanan kita. Kira-kira jam 7 malam, acara ngobrol blogger masuk ke acara inti, yaitu sharing bersama Mas Cyndo di Twitter @yehezkielcyr. Mas Cyndo memang bukan blogger, tetapi sharingnya malam ini dapat diaplikasikan untuk membangun branding blogger.

Mas Cyndo adalah artpreneur. Karyanya berupa mural banyak dipakai di kafe-kafe. Karya scrap framenya juga banyak diminati. Selain itu, Mas cyndo mengembangkan karya berupa mokumoku. Jadi semacam patung kecil seperti telur yang nanti fungsinya untuk menunjukkan keberadaan kita di suatu tempat. Hal ini menjawab kebutuhan pelaku sosial media yang sebenarnya pengen eksis ketika berada di suatu tempat, tetapi nggak pede selfi. Nah, boneka kecil ini dapat merepresentasikan keberadaan kita. Bagus juga ya buat branding? Jadi kalau lihat mokumoku kita, orang lain langsung ngeh kalau itu foto kita.
Bikin iconmu lewat mokumoku ^_^

Mas Cyndo punya tips supaya sukses branding. Pertama, tentukan ciri khasmu secara jelas dan konsisten selalu dengan ciri khas itu. Kedua, jangan baper dan mengumbar masalah pribadi di akun sosial media. Makanya IG  @yehezkielcyr hanya sedikit sekali memuat foto pribadi Mas Cyndo. Karena beliau mau 'memanjakan' penggemar instagramnya dengan karya-karyanya, bukan mukanya, hehe.
Menikmati santap sambil ditemani band.
Acara selanjutnya adalah pemaparan mengenai produk Sakuku BCA. Ini nih pemaparan yang aku tunggu. Produk Sakuku pada awalnya terinspirasi dari fenomena masyarakat yang kian digital saat ini. Rasanya lebih penting membawa HP daripada membawa dompet. Jadi, kenapa nggak sekalian duitnya di HP? ya kan? Sekilas produk ini mirip Flazz, karena sama-sama berupa uang elektronik. Tetapi ada perbedaan mendasar diantara keduanya. Kalau Flazz itu ada kartunya, dan lebih banyak digunakan untuk bayar busway atau tol, sedangkan pada produk Sakuku, tidak ada kartu seperti halnya kartu Flazz atau pun kartu debit dan kredit. Produk Sakuku berbasis aplikasi di smartphone. Baik android mau pun ios sudah bisa mengakses aplikasi Sakuku.
Banner Sakuku
Dan memang benar, Sakuku ini tidak dikenakan biaya administrasi. Asyiknya, dengan aplikasi Sakuku kita bisa berinteraksi dengan sesama pengguna Sakuku seperti halnya di sosial media. Bayar patungan tagihan juga mudah dengan fitur split bill. Mau transfer sesama pengguna Sakuku juga mudah, semudah berkirim pesan instan. Oh ya, batas minimal transfernya juga rendah, yaitu hanya lima ribu rupiah.

Sakuku bikin hangout makin all out!
Sebagai ibu muda, kadang aku juga perlu sesekali hangout dengan teman. Nah, sering banget kan kejadian, saat selesai makan di restoran atau sekedar minum di kafe, masing-masing bingung bayar jatah tagihannya. Mbak kasir bakal ikutan bingung juga kalau masing-masing mau bayar sendiri-sendiri padahal pesannya di satu nota! Misalkan ada yang nalangin dulu, kadang timbul masalah baru, nggak ada duit kembalian. Kadang yang nalangin bilang, "Udah bayar nanti saja.", tapi yang namanya manusia tempatnya khilaf, selesai kejadian yang dihutangin kadang lupa bayar, dan yang nalangin nggak enak mau menagih. Padahal yang nalangin ini sebenarnya butuh duitnya. Sayang, hangoutnya berujung baper deh.

Nah, dengan split bill di Sakuku plus, nggak perlu deh baper-baperan begitu. Karena ada fitur split bill, jadi total tagihan bisa langsung dibagi sesuai jatah masing-masing. Nggak perlu mikir tuker-tuker uang apalagi sampai berhutang, karena langsung potong saldo uang virtual di akun Sakuku masing-masing. Jadi, hangout bebas baper dan ribet dari urusan bayar tagihan kan ya?
Bayar tagihan sesuai jatah masing-masing. Praktis!

Selesai pemaparan Sakuku BCA, blogger kembali diberi hiburan yang menarik. Kali ini hiburannya berupa stand up comedy. Lumayan menghibur para blogger yang hadir. Selesai hiburan berupa stand up comedy, sampailah pada puncak acara, yaitu pengumuman pemenang door prize dan penanya terbaik. Yang beruntung dapat doorprize  adalah Pak Khun dan Mak Irul, sedangkan untuk penanya terbaik jatuh pada Tomche. Selamat semuanya!

Awalnya aku mengira acara ngobrol blogger bakalan molor sampai di atas jam 9. Tetapi MC acara memang kece, acara tepat selesai di jam 9. Sebelum pulang, foto pamungkas dulu, hehe.
I'm happy to be part of Blogger Perempuan ^_^

BCA Sakuku
Reaksi:

6 komentar:

  1. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Seruuuuu, BCA emang keren. Aplikasinya memberi kemudahan bagai user dan bikin hangout makin all out ya Mak Dib.

    BalasHapus
  3. Waduh ko dikota saya belum nih mbak acaranya jadi sedih deh belum ada dikota saya karena saya juga kan anggota BCA.

    BalasHapus
  4. majalah otomotif terhangat dan terupdate

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...