20.9.16

Lecutan Semangat di Festival #Ambisiku


Bertempat di Jogja Expo Centre pada hari Jumat tanggal 16 September 2016, diadakan acara Festival #Ambisiku yang merupakan program dari provider 3 (three) dan dibuka langsung oleh Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Bpk Triawan Munaf beserta jajaran direksi Tri. Acara Tri kali ini menyasar kaum muda, karena berdasarkan riset Roy Morgan, ternyata pengguna Tri sebesar 70% adalah kaum muda. Hal ini diungkapkan Presiden Direktur Tri, Bapak Randeep Singh pada acara pembukaan. Bapak Randeep berharap Tri dapat memberikan inspirasi dan pengaruh positif bagi kaum muda untuk mewujudkan mimpi dan ambisinya.
Randeep Singh membuka acara

Kota Yogyakarta menjadi kota pertama dari 3 kota diadakannya Festival #Ambisiku. Setelah Yogyakarta, festival serupa akan diadakan di Makassar dan Bandung. Kenapa Yogyakarta dipilih menjadi kota pertama Festival #Ambisiku? Karena Yogyakarta adalah gudangnya anak-anak kreatif Indonesia. Pada Festival #Ambisiku yang diadakan sampai tanggal 18 September 2016, terdiri dari beberapa kegiatan antara lain Parade #Ambisiku, Cerita #Ambisiku dan Kejar #Ambisiku.

Parade #Ambisiku
Pada parade ini ditampilkan karya-karya kreatif anak muda Indonesia dalam bentuk bazaar. Mereka yang membuka stand di acara ini sudah melalui tahap kurasi dari pihak Tri. Sebagian besar memang sudah terkenal di jagad dunia maya, terutama di Instagram. Senang sekali akhirnya bisa melihat macam-macam koleksi jam Matoa atau pun koleksi tas Niion yang biasanya hanya dinikmati gambarnya di Instagram.
Bisa meraba langsung produk lokal yang sudah go internasional, Matoa (photo by @anotherorion)

Pada bazaar ini, terdapat total 50 stand di Parade #Ambisiku ini, yang terdiri dari 20 merek nasional dan 30 merek lokal. Segmennya pun bermacam-macam, ada fashion, aksesoris, sampai kuliner. Di bazaar ini kita bisa bertanya langsung tentang proses kreatif sebuah produk, seperti produk notes dan dompet kanvas ini. Ternyata coret-coretan iseng Mbak Sinta Carolina bisa menjadi barang yang berguna dan bernilai ekonomis. Di acara ini sendiri saya membeli dompetnya, karena memang butuh dompet dan suka sama gambarnya.
Kreasi notes dan dompet Bul Bul by @sintacarolina

Selain bazaar, Parade #Ambisiku juga mengadakan kegiatan workshop membuat taman di kaca oleh praktisi seni terrarium Yogyakarta. Terdapat pula pameran seni oleh seniman Yogyakarta Yehezkiel Cindo. Mas Cindo (panggilan akrabnya) melukis langsung mural untuk acara Tri dari jam 10 pagi, dan pada acara pembukaan sekitar pukul satu siang, gambarnya sudah jadi dan hanya perlu penambahan hiasan-hiasan. Menariknya, mural ini dikerjakan sendiri oleh beliau dan hanya dibantu oleh istrinya. Keren ya?
Mural kece by Cyndo

Cerita #Ambisiku
Cerita #Ambisiku merupakan talkshow dari para pebisnis muda yang sukses mewujudkan ambisinya. Ada Daniel Tumiwa, CEO OLX yang berbagi tips bagaimana membangun link dan networking. Ada juga Andien Aisyah, penyanyi berbakat Indonesia yang sukses dengan bisnis gymnya, dan juga Mas Saptuari, owner Kedai Digital yang getol mengkampanyekan Sedekah Rombongan. Di penghujung acara, pada minggu malam, pengunjung dihibur oleh suara merdu Isyana Saraswati. Menyimak cerita para kaum muda kreatif yang sukses ini, pasti terlecut semangat untuk bisa sukses seperti mereka, ya nggak sih? Kalau begitu, kamu harus ikutan Kejar #Ambisiku.

Kejar #Ambisiku
Apaan sih Kejar #Ambisiku itu? Kejar #Ambisiku adalah program Tri untuk mendukung para pengusaha pemula (start up) yang berambisi mengembangkan usaha dan ingin sukses di pasaran. Pengusaha pemula terpilih akan mendapatkan dukungan penuh dari Tri, mulai dari dukungan mentoring, pengembangan dan ikubator hingga implementasi ke pasar. Mereka juga berkesempatan untuk dipromosikan di jaringan Tri yang telah digunakan oleh 56.5 juta pelanggan dan jaringan grup bisnis internasional CK Hutchison Holding. Untuk dapat menjadi pengusaha terpilih, peserta akan melalui tahapan dari seleksi Kejar #Ambisiku.
  • Para penantang datang langsung ke Parade #Ambisiku di 3 kota, dan menyampaikan ide atau proposalnya di boks #Ambisiku selama 10 menit kepada dewan juri yang disebut The Guardians. Lokasi boks ada di antara bazaar #Ambisiku
  • 5 ide atau proposal terbaik akan dipilih, lalu pemilik ide atau proposal terpilih akan berangkat ke Jakarta untuk bertemu dengan The Guardians.
  • Penantang yang terpilih disebut Bos, akan masuk ke boothcamp atau sesi mentoring dan pembekalan bersama The Guardians untuk bertemu dengan The Angels, yaitu dewan direksi Tri.
  • Para Bos mengajukan proposal yang sudah dikembangkan oleh The Guardians ke para Angels. Mereka harus bisa meyakinkan para Angels bahwa ide mereka adalah yang terbaik untuk memperoleh dukungan penuh dari Tri.
  • Para Bos terpilih akan masuk ke tahap inkubator didampingi oleh The Guardians selama 3 bulan untuk dipersiapkan masuk ke pasar.
booth Kejar #Ambisiku di Festival #Ambisiku Yogyakarta (Foto by www.beyourselfwoman.com)

Seru yak?Ayo yang di Makassar dan Bandung, tunggu tanggal mainnya dan serbu Festival #Ambisiku.
Sebelum pulang, nyemil jajanan kreatif anak muda dulu ah.

Reaksi:

10 komentar:

  1. HUaaa sayang banget nggak ada di Solo, aku paling seneng hadir di acara beginian yang menghadirkan produk lokal kreasi anak bangsa huhuhu *dih kalimatku itu loh hahiahia
    Senang banget ada ambisi gini jadi anak-anak muda bisa lebih kreatif dan ada dukungannya.
    ISh mupeng ada Isyana :(

    BalasHapus
  2. Keren banget nih acara, ane baru tau gan tri ngadaiin acara sekeren ini.
    Nice info.

    Btw, seleksinya sampai tanggal berapa gan?

    BalasHapus
  3. event seperti ini memang bagus sekali untuk menyaring bakat-bakat dan kreativitas anak muda kita

    BalasHapus
  4. Dealer kami yang terbaik dalam menyediakan semua pelayanan.

    BalasHapus
  5. emang banyak produk kreatif anak bangsa yang bagus dan unik. semoga acara seperti ini tersebar di lebih banyak kota lagi.

    BalasHapus
  6. note dan dompet kanvasnya unik, gambarnya juga bagus bagus

    BalasHapus
  7. senangnya di event event kya gini kita bisa nambah ilmu nambah teman bertemu jodoh juga hehe

    BalasHapus
  8. wahh seru nihh.. nice artikel kak :)

    BalasHapus
  9. mantap-mantap, sering-sering aja ngadain acara yang keren seperti ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...