10.3.16

Piknik bareng Hipwee di Arrupe Huis, PSL Sanata Dharma


Minggu ini sibuk, soalnya aku harus menghadiri (ecie menghadiri) dua acara. Bukan kondangan sih, tapi yang jelas ada makan-makannya, sama kayak kondangan, haha! Dan, karena ini hari minggu, jadi aku harus ngajak Ais. 


Acara pertama adalah undangan piknik alias gathering dari portal web anak muda yang ngehits dengan jutaan viewer setiap bulannya, hipwee.com. Terus siangnya ada acara syukuran kelulusan teman kuliahku. Nah, karena hari minggu adalah jatahnya aku bersama Ais, maka aku harus bawa Ais di kedua acara itu dong.

Untuk acara pertama sebenarnya aku agak khawatir mau bawa Ais. Soalnya hipwee kan portal anak muda, pastinya yang datang nanti anak-anak muda nan gaul masa kini. Jangan-jangan mereka 'iyuh' gitu kalau aku bawa anak. Tapi untungnya sih Mbak Tira, koordinator acara tidak keberatan kalau aku bawa anak.

Topik acaranya memang piknik bersama blogger dan kontributor hipwee. Tapi aku nggak mengira kalau bakalan beneran piknik di nuansa alam. Venue-nya di Pusat Studi Lingkungan Sanata Dharma. Berhubung kalau di UGM yang namanya Pusat Studi itu berupa gedung-gedung, jadi aku nggak mengira tempat yang dimaksud seperti masuk ke kawasan hutan jati gitu. Penuh dengan pohon yang tinggi dan rimbun. Lebih nggak meyakinkan lagi adalah jalan masuknya. Hanya berupa lorong kecil yang di sebelah kirinya sedang ada pembangunan gedung. 

Bisa mengajak Ais ke tempat seperti ini malah membuatku bersyukur. Karena di lokasi seperti ini Ais bisa mendapat dua hiburan. Pertama hiburan di lokasi 'hutan' ini sendiri. Kebetulan ada konservasi Burung Kakak Tua dan beberapa jenis burung dan hewan lain disini. Selain itu, pembangunan gedung di sebelah juga cukup menarik perhatian Ais. Dia suka sekali memperhatikan standing crane yang dipasang di tengah lokasi pembangunan.

Acara piknik blogger dan kontributor hipwee berlangsung lumayan on time. Acaranya dikemas santai dan antara peserta dan pemateri berinteraksi santai bersama. Tapi walau pun santai, namanya anak-anak pasti bosan hanya duduk-duduk sepanjang acara. Apalagi buat anak aktif macam Ais. Daripada menganggu ketertiban bersama, mending aku pindah tempat duduk. Lalu aku tertarik dengan minuman berwarna biru ini. Apakah itu?
Minuman berwarna biru yang bikin penasaran!
Oh, ternyata itu adalah seduhan Bunga Telang, atau lebih dikenal dengan nama Bunga Klitoris (jangan ngeres, emang nama latinnya begitu). Jadi yang unik dari minuman Bunga Telang ini adalah, warnanya bisa berubah bila diberi perasan jeruk nipis. Dari awal berwarna biru menjadi keunguan. Kalau ditambah es batu warnanya malah cenderung jadi putih. Lucu deh. Rasanya juga. Cenderung tawar tapi menyegarkan. Ais sendiri nggak mau nyobain minuman Bunga Telang ini dan memintaku mengajaknya keliling area konservasi.
Acara bincang santai bareng kontributor Hipwee dan blogger.
Lokasi Pusat Studi Lingkungan Sanata Dharma ini lumayan luas. Ada banyak hewan-hewan yang dirawat disini. Jadinya mirip di kebun binatang ini. Nanti, daripada ke Gembiro Loka jauh dan mahal, Ais mending tak ajak kesini aja. Hehe. Ada Burung Merpati yang menyambut di area masuk kawasan Pusat Studi. Belok ke kanan kita akan menjumpai berbagai jenis burung dengan kicauanya yang ramai dan menenangkan. Ada pula siamang yang dikurung sendirian. Kasian yah, kayaknya perlu dicarikan jodoh deh. Juga ada pembudidayaan lobster hias di kolam-kolam di Pusat Studi ini. Oh ya, ada juga kolam yang butek dan berlumpur dan membuatku heran, kenapa kolam ini nggak terawat sekali? Ternyata ada budidaya lele juga. Ais sebagai penggemar ikan lele yang mengetahui adanya ikan lele di kolam kotor itu. Hehe.

Burung-burung cantik di area konservasi
Kembali ke acara piknik. Acara break dimulai, dan kita makan pizza bersama. Aku suka model pizza yang disajikan disini. Model pizza dengan crust yang tipis dan garing. Ais juga suka sekali sama pizza ini. Lumayan banyak makan juga dia pas break ini. Namanya coffee break ya so pasti ada kopinya dong. Spesial buat piknik kali ini didatangkan barista khusus dengannolahan-olahan kopi yang spesial, mulai dari Kopi Gayo, Kopi Toraja, sampai Kopi Papua. Bikin kopinya beneran dimulai dari biji kopinya loh. Luar biasa sekali kan? Sayangnya aku bukan penggemar kopi dan lambungku suka berontak kalau kemasukan kopi. Jadinya ya cuma asyik ngeliatin baristanya buat kopi aja. 

pizza dan segelas kopi 

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi. Kali ini lagi-lagi Ais minta jalan-jalan di luar. Karena hari sudah mulai beranjak siang, dia mulai ribut minta pulang. Untungnya pesona burung-burung dan lokasi konservasi yang cukup luas lumayan membuat Ais melupakan keinginannya untuk segera pulang. Selepas pembacaan puisi, acara dilanjutkan dengan keliling area konservasi di Pusat Studi Lingkungan Hidup Sanata Dharma. Acara ini dikomandoi oleh Mbak Tira. Setelah acara keliling-keliling, Mbak Tira memberi kuis untuk membagi-bagikan merchandise Hipwee. Pertanyaan pertama langsung kujawab, karena Mbak Tira bertanya apa artinya Arrupe Huis, tempat acara ini berlangsung. Aku yang memang penasaran artinya Arrupe Huis ya langsung bisa menjawab, artinya Arrupe adalah jendral yang peduli dengan dunia pendidikan, sedangkan Huis adalah rumah, jadi Arrupe Huis adalah rumah bagi jendral yang peduli pendidikan. Mahasiswa dan anak-anak muda seperti kita ini yang dianggap sebagai 'jendral'. Nah, ini nih penampakan merchandisenya:

Suka sama quotenya, sesuai kondisiku saat ini.*kemudian baper.

Acara piknik hipwee berlangsung sampai sekitar pukul satu. Acara ditutup dengan penampilan Tomato Juice Band yang ciamik menyanyikan lagu-lagu indie. Sesekali Ais ikutan menari dan sama pembawa acaranya Ais dinobatkan sebagai blogger termuda, haha!

Aksi blogger termuda ^_^







Reaksi:

16 komentar:

  1. Aseeek piknik :)
    Itu lokasinya dimana mak Dib? Kampus SADAR Paingan ya, weiss AIS keren, blogger termuda euy.

    BalasHapus
  2. Tempatnya asik yaaa... Adeeemmm...

    BalasHapus
  3. Kapan2 arisan ilmu dimari yuuuk...

    BalasHapus
  4. Kapan2 arisan ilmu dimari yuuuk...

    BalasHapus
  5. Menarik, itu yang ngadain hipwee ya
    AIS luar biasa

    BalasHapus
  6. seneng ya mengajak anak ke acara, jadi si anak mendapatkan wawasan baru, tapi emang dengan catatan, si anak bisa nyaman dan ibunya juga tenang

    BalasHapus
  7. Itu blogger termudanya sedang update artikel yak... hehehe

    BalasHapus
  8. Iyaa..Alhamdulillah pikniknya sooo hepiii...

    BalasHapus
  9. Iyaa..Alhamdulillah pikniknya sooo hepiii...

    BalasHapus
  10. Hihi. Aq dpt yg buku diam2 mendoakan mu=).btw ngirim kartu posnya ga?

    BalasHapus
  11. wah, teh dari bunganya bikin penasaran loh, mau nyoba

    BalasHapus
  12. aku wingi ora melu piknik hipwee hiks

    BalasHapus
  13. family gathering dari hipwee emang keren banget

    BalasHapus
  14. wih ada kopi papua sgala, jadi penasaran pengen nyoba rasanya

    BalasHapus
  15. Keren banget yah Hipwee engangement dengan para penulis, kontributor, dan orang-orang yang berkontribusi di belakangnya.

    Gak heran perkembangan Hipwee pesat banget. :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...