6.8.16

Konsultasi Kesehatan Online

konsultasi kesehatan online

Apa sih yang paling nggak asyik menjadi seorang ibu? Hampir semua hal mengasyikkan saat menjadi seorang ibu. Tetapi walaupun demikian tetap ada hal yang bikin peran ibu jadi nggak asyik. Apa tuh? Kalau buatku yaitu saat anak sakit. Mulai deh drama dan melow "Kenapa nggak ibu saja yang sakit, Nak?" Apalagi saat awal-awal menjadi ibu. Soalnya baik ibu dan bayi kan masih sama-sama 'belajar'. Si ibu belajar menjadi ibu yang baik, sedangkan bayi belajar untuk bertahan hidup, soalnya selama ini di perut ibu kan nyaman sekali.

Sayangnya, karena bayi masih belajar bertahan hidup, jadi nggak heran kalau bayi gampang sakit-sakitan. Sebagai ibu yang belum mempunyai pengalaman membesarkan anak pastinya panik kalau anak sakit. Apalagi saat itu aku tinggal di pelosok perkebunan tebu. Dalam waktu sebulan anak bisa sampai sakit beberapa kali. Kalau dituruti bisa izin kerja terus aku. Apalagi kalau sakitnya pilek dan batuk. Kadang bisa sebulan itu nggak sembuh-sembuh. Soalnya virus batu dan pilek ini suka ping-pong. Jadi harusnya bayi mau sembuh, tetapi ketularan lagi sama ibunya yang sebelumnya ketularan dari si bayi.

Seperti yang pernah aku ceritakan di postingan tentang Rational Use of Medicine, kalau bayiku lagi sakit itu pertanda akan adanya huru hara di rumah. Soalnya aku dan suami berpandangan berbeda mengenai sakit dan minum obat. Aku yang kebanyakan gabung grup kesehatan di Facebook menyadari tidak semua penyakit bisa disembuhkan dengan obat, sedangkan suami berpegang pada orang tua dan kakak-kakaknya dalam membesarkan anak, kalau anak sakit ya harus minum obat. Sebenarnya nggak ada yang salah dari pemikiran kami berdua. Tetapi memang sebaiknya ada dokter yang menjadi penengah dari perselisihan kami.

Coba kalau dulu konsultasi dokter semudah sekarang. Bisa konsultasi kesehatan online tanpa harus berjam-jam perjalanan ke kota. Iya, nasib tinggal di pelosok kebun, mau kemana-mana, termasuk ke dokter anak harus melewati perjalanan minimal 2 jam dengan mobil. Jadi seringnya anakku pulih sebelum dibawa ke dokter anak. Ya syukur Alhamdulillah sih sakitnya memang tidak  sampai parah. Tapi jangan dicontoh lah ibu kayak aku ini. Konsultasi langsung dengan dokter itu sangat penting. Paling nggak konsultasi kesehatan online dulu lah. Kalau duku sih aku biasa tanya-tanya sama teman dokter. Kalau sekarang sih sudah ada website khusus yang melayani konsultasi kesehatan online, Konsula. Bisa Teledokter maupun Chat tim dokter yang berpengalaman dan profesional melalui telepon atau chat. Praktis ya?
Reaksi:

5 komentar:

  1. Untuk konsultasinya apakah juga diberikan resep obat juga Mba? Mungkin untuk pertolongan pertama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saja sih. Tapi harusnya sih diresepkan obat2 umum kayak parasetamol gt.

      Hapus
  2. pake konsula jadi lebih mudah ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memudahkan yg tinggalnya di pelosok n susah cari dokter

      Hapus
  3. Wah untuk pertolongan pertama dirumah konsula ini helping banget ya sembari nunggu jadwal praktek dokter yang ada

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...