30.11.15

Pengolahan Gula Semut


Minggu lalu aku berkesempatan kunjungan ke PT Sumber Sari Petung. Salah satu unit usahanya adalah pengolahan gula semut. Ada yang suka gula semut? Aku sendiri baru tahu kalau ternyata gula semut itu adalah gula yang terbuat dari nira tebu. Aku pikir dari nira gula kelapa kayak gula merah itu. Yah, memang sih, untuk proses pembuatannya itu seperti bikin gula merah. Jadi, prinsipnya nira dipanaskan sampai terbentuk gulali. Dari gulali tersebut kemudian diaduk-aduk dengan bantuan sodium bikarbonat(yang biasa buat manisan itu lho), nah nanti gulali itu akan mengkristal dan jadi deh gula semut!


Aku sebenarnya penasaran sama gula semut di pasaran. Kata Pak Hardi, yang menemani kita berkeliling kebun dan pabrik, katanya gula semut dijual sekitar Rp. 7.500. Murah banget kan? Kalau beli gula pasir belum dapat sekilo itu. Tapi sayangnya PT Sumber Sari Petung belum punya merek untuk gula semutnya. Jadi nggak tahu juga ya, di pasaran dijual berapa dan dengan merek apa, hiks.

Nah, buat yang penasaran bagaimana pembuatan gula semut di pabrik, cekidot ya...

Ini tebu unggulan varietas Petung 2. Nanti diambil nira/air gulanya
Tebu potong siap digiling! Alat gilingnya persis alatnya abang es tebu
Ampas tebu kering buat pembakaran
Asap menandakan pabrik masih beroperasi
Nira yang dipanaskan lama-lama mencoklat dan mengental seperti ini
Kalau sudah jadi gulali seperti ini, baru siap dikristalisasi
Sebelum kristalisasi, tabur sodium bikarbonat dulu, biar gula cepat mengkristal
Proses kristalisasi gula semut

Gula semutnya sudah jadi. Rasanya manis dan ada aroma karamelnya.

Demikian reportase dari PT Sumber Sari Petung. Pabriknya masih tradisional sekali. Kalau diaudit pasti banyak temuannya. Tapi untungnya produk gula adalah produk yang relatif tahan terhadap kerusakan (susah ditumbuhi jamur, bakteri, dll), sehingga produknya tetap aman dikonsumsi.

Baca postingan seru lain seputar teknologi pangan di label Food Tech
Reaksi:

7 komentar:

  1. pernah belajr ini pas kuliah...
    memang sih pengolahan2nya masih sederhana mba

    BalasHapus
  2. wouwww, beda banget dgn gula pasir ya Mbak. Aku pernah magang di pabrik gula, PD rejo agung Madiun, Pdhl bahan bakunya sama-sama tebu, tapi hasilnya beda bingit,

    BalasHapus
  3. Iya. Masih sederhana banget. Lebih sederhana dr pengolahan gula pasir.

    BalasHapus
  4. Aku malah baru tahu ada gula semut. Makasih sharingnya :)

    BalasHapus
  5. Wah cukup kompleks ya dibs pengolahannya...

    BalasHapus
  6. Menarik ya, mak. Aku jadi inget jajanan jaman SD dulu nih, gulali. Dulu doyan, sekarang mah mikir dulu faktor usia sih hehehe

    BalasHapus
  7. wah menarik banget, tak kira di cetak ternyata enggak to.hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...