27.2.14

Lima macam salad dressing ala Indonesia

Keprihatian dunia akan kurangnya konsumsi sayur meningkat akhir-akhir ini. Terbukti dari beberapa kuliah online tentang pangan yang menekankan pentignya konsumsi sayur, terutama membiasakan makan sayur sejak kecil.

Data di US menunjukkan bahwa 8 dari 10 anak di US kurang asupan sayur. Di Indonesia bahkan ada susu yang diperkaya ekstrak sayuran, ada juga suplemen yang diklaim mengandung 21 jenis sayuran.
Panduan pola makan yang terbaru dari FDA, yang dikenal dengan MyPlate, menganjurkan untuk makan sayuran lebih banyak daripada porsi karbohidrat(buah dan biji-bijan/grain).

gambar dari: http://blog.affinityhealth.org/

Namun, sayuran bukan makanan favorit. Banyak anak yang tidak suka makan sayur. Orang dewasa aja kalo belum sakit biasanya juga malas makan sayur. Teksturnya yang berserat dan rasanya yang hambar membuat orang malas mengunyah sayur. Kadang, supaya enak dimakan kita lalu memasak sayur sampai benar-benar empuk, atau kadang dijus dan diminum sekali tenggak. Padahal, kalau dimasak sampai empuk, nilai gizi pasti banyak berkurang. Bagusnya sih dimakan mentah atau dimasak sebentar. Enzim ptialin yang dikeluarkan saat mengunyah juga diperlukan, makanya makan sayuran yang sudah dijus tidak sebaik bila dimakan dalam keadaan utuh.

Nah, Maya Adam dalam sebuah sesi kuliah online di Cousera memaparkan salah satu cara membuat sayur menjadi makanan yang menggugah selera adalah dengan membuat 'dressing' yang memikat. Resep dressing andalan keluarga Maya Adam adalah campuran dari bawang putih, madu, vinegar, lemon, garam, dan lada.

Sounds not delicious kalo buat orang Indonesia ya? Karena di Indonesia kita punya banyak dressing yang jauh lebih enak. Dijamin kalo Maya Adam cobain resep dressing ala Indonesia ini bakal ketagihan. Haha. Geer. Kalo diinventaris, ada banyak jenis dressing sayuran ala Indonesia yang pastinya menggugah selera makan sayuran. Ini beberapa contohnya.

1. Bumbu Pecel

Siapa diantara kita yang belum nyobain pecel? Makanan khas Madiun ini sehat dan enak pastinya. Ini salah satu resep bumbu pecel (boleh copas).

Bahan :
1 kg kacang tanah

Bumbu :
1 ons cabai rawit
0,5 ons cabai keriting
1/4 kg gula merah
8 sdm gula putih
4 sdm garam
4 siung bawang putih
5 lembar daun jeruk purut dibuang
tulang daunnya
asam jawa secukupnya

cara pembuatan :
1. Sangrai kacang tanah sampai matang
2.Sangrai cabai rawit,cabai keriting, dan bawang putih
3.Kemudian haluskan terlebih dahulu bumbu-bumbu yang ada lalu campurkan dengan kacang tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan kembali bersama-sama.

http://nganjuk-ku.blogspot.com/2013/04/cara-membuat-sambel-pecel-khas-madiun.html?m=1

2. Bumbu Lotis

Biasanya sih bumbu lotis itu untuk rujak buah-buahan. Tapi enak juga loh buat cocolan sayuran. Cobain deh.

Resep lotis andalan keluargaku tuh cuma ngandelin kacang tanah sangrai, gula merah, bawang putih seiprit, sama cabe rawit sesuai selera. Buat airnya kita pake ulekan mentimun. Segerrr.


3. Bumbu Petis

Bumbu petis ini lagi-lagi khas Jawa Timur. Masih sodaraan sama bumbu terasi, sama-sama fermentasi hasil laut. Biasanya buat cocolan tahu enak banget. Buat cocolan sayur juga enak deh. Penyajiannya adalah dengan mencampur bumbu petis dengan gula merah.

Iseng-iseng nyari deh resepnya bikin bumbu petis. Soalnya rasanya tuh spesifik banget, walau sama-sama fermentasi udang, tapi citarasanya beda sama terasi. Karena bumbu petis ini memfermentasi sari limbah udang. Udangnya dibuat terasi soalnya, hehe.

Resep dan cara membuat bumbu petis udang skala rumah tangga:

Bahan :
Kepala udang, kulit udang, kunyit, jahe, sereh, cabe, bawang merah, bawang putih, garam, penyedap (jika suka), dan daun kunyit (ini yang bikin wangi dan sedap).

Cara membuat :
  • Cuci bersih kepala dan kulit udang. Lalu blender kepala udang dan kulit udang dengan air sedikit sampai halus. Kemudian disaring. Ampasnya diberi air lagi sedikit, peras lagi, terus diulang sampai air perasan jernih (mirip kalau kita memeras santan). Sisihkan.
  • Haluskan kunyit, jahe, sereh, cabe, bawang merah, bawang putih, garam dan penyedap. Sementara daun kunyit dirajang halus. Tumis bumbu halus dan daun kunyit sampai harum, tambahkan air perasan udang tadi, masak sampai kental.
dari:  http://berita.grosirkeripik.com/resep-membuat-petis/


4. Sambal Terasi

Nah kalau sayur dicocol sambal nih khasnya Sunda. Terasi nih dah bumbu wajib sedia di rumah. Bikin tumisan atau sambal-sambalan paling enak dicampur terasi. Membuat sambal terasi enak juga gampang. Sesuai selera saja, kalau kesukaan suami sih terasi, bawang putih, dan cabe digoreng sebentar terus diulek sama garam. Pasti enak dan anti gagal pokoknya.

5. Urap

Urap ini menu wajib dalam acara syukuran dan hantaran ke tetangga di tempat tinggalku. Bahan utama urap adalah kelapa muda parut . Kemudian kelapa muda parut ini dikukus bersama bumbu-bumbu seperti kencur, bawang putih, garam, dan kencur. Penyajian urap seperti penyajian pecel, yaitu bumbunya dicampur ke dalam sayuran rebus/kukus.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...