9.12.13

Bekerjalah dengan Tulus

Pak Wayan adalah pengusaha rental mobil kecil-kecilan. Mobil yang disewakan berjumlah dua buah. Mereka berwarna merah dan silver. Keduanya adalah mobil dengan merek sama namun keluaran tahun yang berbeda. Si merah adalah mobil pertama pak Wayan, merupakan mobil keluaran tahun 2006. Waktu itu pak Wayan membeli si Merah dari orang yang jual mobil karena butuh duit. Merah sendiri berjodoh dengan pak Wayan di tahun 2010. Sedangkan silver adalah mobil kedua pak Wayan, yang dibeli dari hasil menyewakan merah selama kurun waktu setahun. Silver adalah mobil keluaran tahun 2011.

Silver dan merah terlihat sangat berbeda. Silver masih gress dan mulus, sedangkan merah sudah penuh baret dan tua. Namun pa Wayan tidak pernah membedakan keduanya. Keduanya tetap disayang pak Wayan. Merah sebenarnya minder dengan silver yang sangat bagus dan gagah. Walaupun mereka satu merek, tapi keluaran terbaru tetap lebih keren. Setiap ada pesanan, pak Wayan selalu menyuruh merah dahulu. Kadang merah sebal juga, soalnya kadang dia lihat silver enak-enakan.

Walaupun sebal  dan minder, merah tetap bekerja dengan setulus hati. Setiap kali disewakan, merah selalu memuaskan pelanggan. Kata pelanggan, suara mesin merah sangat halus, walaupun merah sudah berumur.
Hingga suatu ketika, merah mengalami kecelakaan sangat parah. Saat itu mobilnya disewakan untuk berwisata ke puncak, naas terjadi kecelakaan dan mobilnya masuk jurang. Kondisi rangka dan mesin merah sudah sangat parah. Sebenarnya banyak yang menyarankan pak Wayan untuk memuseumkan bangkai merah. Namun, pak Wayan bertekad memperbaiki merah. Berapapun biayanya. Untunglah sebagian besar biaya masih dicover asuransi.

Merah di bengkel cukup lama. Kurang lebih sebulan. Merah mengalami perbaikan besar-besaran. Rangkanya diganti baru, bahkan jok mobilnya sekarang diganti dengan jok kulit premium. Seketika merah menjelma menjadi mobil yang sangat menawan. Kilau merahnya sangat memukau. Sekarang, banyak yang mengakui kegagahan merah dibanding silver. Itulah buah dari ketulusan bekerja.


Tuluslah bekerja, hargailah tanggung jawabmu. Dan orang akan menghargaimu.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...