25.11.13

Tikus, Kelinci, dan Kambing

Di sebuah bukit yang terjal, terdapatlah seekor tikus yang sedang kesusahan memanjat tebing. Dengan penciumannya, tikus tahu kalo di balik bukit itu terdapat sumber makanan yang berlimpah. Apa daya, badan tikus yang kecil tak dapat memanjat tebing yang terjal iutu. Untunglah datang seekor kelinci menghampiri tikus.
"Sedang apa kamu, wahai tikus sahabatku?" Tanya kelinci.
"Aku sedang berusaha untuk memanjat tebing. Karena menurut penciumanku, di balik tebing itu ada sumber makanan. Tapi aku tak bisa."
"Oh, kalo memanjat tebing begini aku bisa. Ayo kamu naik ke punggungku!" Seru kelinci.
Akhirnya kelinci membawa tikus ke atas tebing. Namun ternyata, sebelum mencapai sumber makanan yang dimaksud ternyata ada jurang yang cukup lebar dan dalam. Kelinci menyerah.
"Waduh tikus, aku ga berani kalo harus loncat melawati jurang itu. Jurangnya lebar dan dalam. Kalo kita jatuh, bagaimana?" Kelinci tampak ketakutan.
"Wah, kelinci, kita sudah berjalan sejauh ini. Masak kita harus menyerah. Ayo kelinci. Kita cari cara buat menyebrang jurang"
Tiba-tiba datanglah kambing. Rupanya dia menyimak pembicaraan kelinci dan tikus.
"Hai tikus dan kelinci sahabatku. Biarkanlah aku membantu kalian menyebrangi jurang. Kalian bisa naik ke punggungku." Seru kambing.
"Hmm.. aku gak ikut deh, aku tunggu disini aja." Kelinci masih tidak bisa menyembunyikan ketakutannya.
"Wah, kelinci kenapa kamu tidak mau ikut? Kamu sudah mengatarku sejauh ini, sedikit lagi kita sampai ke sumber makanan. Kenapa kamu takut? Ayolah, kita naik ke punggung kambing, dan percayalah. Kambing kakinya panjang, tidak mungkin dia terjatuh ke jurang." Tikus mencoba memberi semangat ke kelinci.
"Ehm..baiklah." Mereka akhirnya naik ke punggung kambing. Dan dengan sekali loncatan, kambing sanggup melewati jurang.
Benar apa yang dikatakan tikus. Di balik jurang terdapat sumber makanan yang melimpah, rumput hijau, buah-buahan, dan ada kolam ikan yang jernih airnya. Tikus berterima kasih pada kelinci dan kambing karena sudah dibantu memanjat tebing dan menyebrangi jurang. Kambing dan kelinci juga berterima kasih pada tikus, karena berkat penciuman tikus, mereka bisa mencapai sumber makanan dan makan rumput sepuasnya.

Janganlah malu dan ragu meminta pertolongan orang lain.
Ketulusan membantu akan berdampak baik bagi diri kita sendiri.


Based on Folktale in Little Fable on Jim Jam
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...