28.10.13

Manfaat Kertas Koran

Dasar demam gadget dan malas ribet. Aku hampir tidak pernah beli apalagi sampai langganan koran. Karena buatku informasi dari internet dan TV aja udah joss. Malas ah menuh menihin rumah dengan koran. Tetapi aku baru sadar, ternyata banyak perlunya stok kertas koran. Karena fungsi kertas Koran itu bejibun. Berikut ini rangkuman dari hasil pengalaman pribadi dan googling..

1. Alas ompol  yang mengurangi pesing
Tujuan utamaku pakai kertas koran adalah untuk menyerap pipis Faris. Faris masuk 2 tahun November ini dan aku semakin intens mengajarkan pipis kepadanya. Namun mungkin belum waktunya atau akunya aja yang ga paham sinyalnya, tapi aku selalu kecolongan setelah dia pipis di celana dan bikin banjir lantai, atau bikin basah kasur, sesuai lokasi saat pipis. Nah, sampai kemarin rabu(23 Okt), aku masih pakai alas ompol buat nyerap pipisnya. Tapi bau pesing tetap menyeruak pasca sudah mengeringnya air pipis. Alas ompolnya pun gak kalah pesing. Ealah ternyata kalo serap pipisnya pakai koran, bau pesing bisa diminimalisir. Hmm..ternyata karbon pada tinta cetak koran lumayan efektif usir bau. Kok ya baru tahu kemarin,hehe

2. Alas anak belajar makan
Daripada stres Faris susah makan, aku kadang suruh dia makan sendiri. Biasanya kalo makan sendiri, jadi lebih banyak makannya. At least ada makanan yang masuk lah. Berantakan? Ya jelaslah. Apalagi sekarang (23 m) lagi heboh eksplorasi garpu dan sendok. Kalo nyuap pake sendok, yang masuk mulut cuma separohnya, sisanya berceceran di baju dan sekitar piring makanan. Nah, biar ga ribet bersihin lantai tempat makannya(maklum, rumah mini, ga punya meja makan jadi ga pake, hehe), aku pakein aja koran buat alas makannya. Jadi mau berantakan kayak apa aku ga masalah. Walo kadang makanannya masih suka outside dari area yg dikasih koran.hehe..

3. Lap air tumpah
Faris lagi belajar gaya gravitasi!sekarang hobinya numpahin apa aja. Apalagi numpahin air putih di gelas. Jadi hanya separoh yang diminum, sisanya ditumpahin. Hiiih.. kalo ga sabar bisa emosi jiwa. Harus sedia lap yang banyak. Dan kadang, kalo lapnya abis, ya kepaksa pake kertas koran. Tapi, selama ada lap kain, aku prefer lap kain, soalnya kalo pake kertas koran kadang malah jadi hancur korannya, dan meninggalkan lunturan tinta cetak kertas korannya.

4. Lap muntah
Faris lagi batuk terus. Dari 18 bulan dia ketahuan alergi dingin-debu(hanya kumat saat dingin dan berdebu, kalo cuma debu atau dingin saja ga kumat). Nah parahnya, kalo batuk suka kebablasan muntah. Pertama sih bersihin muntahannya peke tisu. Terus dibuang deh tu tisu. Tapi, kok boros ya?akhirnya dibersihin pake lap. Tapi, kok kadang lapnya jadi suka kurang bersih ya habis dicuci(ah dasar ga bisa nyuci aja kaleee). Yasudahlah, akhirnya pake koran dulu buat menyingkirkan ampas ampas muntahnya. Baru kalo tinggal ngepelnya pake kain lap.

5. Dijadiin popok?
Haha.. ini sih terinspirasi dari film hollywood. Aku sendiri ga mau nyoba. Tapi logikanya emang bisa, karena daya serap kertas koran oke juga.

6. Origami murah meriah
kadang kertas koran aku pakai buat melipat lipat atau acara gunting menggunting sama Faris. Bukan karena aku ga kuat beli kertas origami. Tapi sayang aja, wong Faris juga belum paham, sama sama berakhir diremas remas tangannya, ya mending ngeremes kertas koran aja daripada kertas origami. Mihil nak..(plis deh bu..)

7. Bungkus kado or paket murah meriah
Nah, kalo perlu bungkus kado ato mau kirim paket tapi lagi ga sedia kertas kado, bisa banget pake kertas koran. Ga dilarang kok. Cuma kurang sopan aja.

8. Serap bau di wadah makanan
Pernah aku punya wadah bekas jus mentimun yang bau mentimunnya awet banget. Bikin ga enak air minum yang dimasukkan kesitu. Eh, baca artikel katanya bisa ngilangin bau pada wadah. Langsung deh wadah itu kukasih sebuntel kertas koran dan kututup rapat. Viola, besoknya dah ga bau menyengat lagi.

9.Taplak murah meriah
Pernah liat di sebuah rumah makan, mejanya dilapis kertas koran terus diberi plastik dan dipasin pake paku payung. Lumayan, sambil makan baca isi korannya. Walo udah lawas. Hehe

10. Menyimpan sayuran dan buah di kulkas.
Pernah beli sayur dan jamur. Karena males aku simpen gitu aja di kulkas. Buat jamurnya tetap di kantong plastik. Dan apa yang terjadi?sayurku jadi kering karena kubiarin gitu aja di kulkas, sebaliknya jamurku malah item item karena terlalu banyak kontak air. Nah iseng nyobain semua sayur termasuk cabe aku bungkusin koran. Alhamdulillah seminggu sayurnya awet, ga kering ataupun 'bonyok'

11. Menyimpan buah2an cepat matang di luar ruangan
Sering banget kebagian alpukat tetangga, tapi alpukatnya masih mentah. Ada yang blang simpan di beras, dibiarin gitu aja, dan dibungkus koran. Nah, menurutku yang paling efektif pake koran. Soalnya kalo dieram beras matangnya kurang enak. Mungkin karena suhu beras terlalu panas. Kalo dibiarin gitu aja kadang bukannya mateng, tapi alpukatnya kayak mengeriput gitu, toh kalopun mateng, waktunya relatif lama. Nah yang paling berhasil ya dibungkus koran. Ini ciyus lo..

12. Lap kaca
Nah kalo untuk lap kaca ini lumayan booming di dunia maya. Jadi tinta koran bisa mengangkat kotoran di kaca, dan kertasnya sendiri bisa mengilapkan. Aturan melapnya terdiri dari 2 tahap. Pertama lap dulu dengan koran basah,baru dilap lagi dengan koran kering. Ga perlu pake pembersih kaca boo..(2)

13. Kerajinan tangan
Yang ini ga perlu terlalu dibahas ya?dah banyak contohnya di dunia maya dan nyata

14. Alas duduk dan kipas
Yang ini selalu diandalkan saat mudik dulu. Karena kertas koran bisa buat alas duduk waktu nunggu kereta dan kipas saat kepanasan di kereta.

15. Pelapis saat mengecat
Fungsi yang ini sudah dipraktekan Ayah Edy. Emang hasil cat jadi rapi karena leberannya kena di koran

16. Media Tanam
Katanya sih, pernah ada percobaan memanfaatkan kertas koran untuk media tanam. Caranya kertas koran direndam semalaman dalam air kemudian diblender halus. Setelah itu dimasukkan pot, terus tancapkan di atasnya tanaman yang mau ditanam. Gampang kan? Tapi jangan buat tanaman konsumsi, karena takut ada zat berbahaya masuk ke tanaman.

17. Menjaga bentuk sepatu tetap oke plus ngilangin bau sepatu
Kalo manfaat ini sih taunya dari toko sepatu yah. Dan ternyata selain menjaga bentuk sepatu tetap oke, buntelan koran juga bisa ngusir bau tak sedap pada sepatu

18. Kertas daur ulang
Pernah buat kertas daur ulang dari koran?yups, kertas koran diendam semalaman, diblender halus dan dicetak di loyang panjang, terus ditutup kasa. Nanti kalo sudah kering bisa jadi pengganti kertas kado deh..

19. Pembungkus nasi
Daan, inilah kegunaan utama koran. Sebagai pembungkus nasi. Kalo kegunaan ini sih semua juga tahu ya..hehe..
Makanya,walo sekarang sudah era digital. Koran konvensional masih sangat diperlukan. Bukan hanya perlu dengan beritanya, tapi lebih perlu dengan kertasnya. Hehe
Literatur:
1.http://itdesain.blogspot.com/2013/02/manfaat-koran-bekas_22.html?m=1

2.http://finunu.wordpress.com/2011/03/26/7-kegunaan-kertas-koran-bekas/
Reaksi:

3 komentar:

  1. 20. Boleh nambahin nih...bisa buat mengeringkan uang yang basah...kadang uang gak sengaja ikut terendam. kalau dimasukkan dalam lipatan koran, segera kering. ntar ganti koran dan diseterika...Ok
    21. untuk bikin pola baju bagi yang belajar menjahit kayak saya...
    22. untuk memulai pembakaran (urup-urup) bagi nenek yang masih pakai tungku kayu...
    23. diisi batu kecil, digulung-gulung...diselotip...bisa buat main bola...bagi yang lagi gak punya bola...

    BalasHapus
  2. siip mak..betul..betul..betul..jadi makin cinta sama koran bekas..hehe..bisa jadi boneka juga tuh, disumpel2in di kaos terus dijahit bentuk kepala, tangan, dan kaki..dasar emak pelit mah kalo ini..haha..

    BalasHapus
  3. paling sering sy pake buat bungkus barang2 yg dikirim pake T*ki

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...