20.6.19

Perawatan Lembut untuk Kelembutan Kulit Bayi


Aku mempunyai dua orang anak. Beda umur mereka terpaut cukup jauh, sekitar 6 tahun lebih. Dan jenis kelamin mereka juga berbeda. Yang sulung laki-laki dan adiknya perempuan. Entah karena beda usia yang jauh atau pengaruh beda jenis kelamin, tetapi anak perempuanku cenderung lebih mudah sakit terutama pada kulitnya.

"Udah, nanti tambah gede juga bakalan lebih sehat."

"Sudah coba krim ini? Salep anu?"

Begitu deh komentar orang sekitar kalau melihat anak perempuanku bruntusan. Yang kuingat sih, dulu masnya waktu masih sekecil dia, nggak terlalu rempong banget urusan kulit. Mungkin selain usia, masalah sensitivitas kulit antar kelamin yang berbeda bisa beda pula ya?

Akan tetapi, aku menganut prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati. Sungguh kasihan kalau bayi setahun harus banyak terpapar obat, walaupun obatnya berupa obat oles yang diaplikasikan di luar tubuh. Aku mulai mengevaluasi hal-hal yang bisa membuat cantikku beruntusan. Setelah aku evaluasi, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab beruntusan pada bayi:
1. Kondisi lingkungan yang panas
2. Kebersihan lingkungan yang kurang baik
3. Reaksi alergi pada kulit bayi

Dari tiga penyebab tersebut, kemudian aku mulai mencari solusinya. Harapanku sih, bila ada solusi, maka dari penyebab kulit sensitif pada bayiku dapat teratasi.

1. Sering mengganti baju dan memandikan bayi

Ruam pada kulit bayi di negara tropis  seperti Indonesia dapat disebabkan karena suhu lingkungan yang panas dan gerah sehingga tubuh memproduksi keringat lebih banyak. Produksi keringat akan menyebabkan kondisi tubuh lembab dan kondisi ini sangat disukai kuman untuk berkembang biak. Akibatnya, kulit bayi pun ruam.  Oleh karena itu, solusi pertamaku mencegah ruam pada kulit bayiku adalah dengan rutin mengganti pakaiannya apabila terkena cukup banyak keringat dan lebih sering memandikannya bila memungkinkan.

2. Rutin membersihkan rumah

Kondisi rumah tentu saja berpengaruh pada kondisi kulit bayi. Rumah yang jarang diberaihkan tentu saja menjadi sarang kuman dan penyakit. Jadi, walaupun aslinya aku bukan orang yang suka beraih-bersih, tetapi demi keluarga aku harus berkomitmen untuk rutin bersih-bersih setiap hari.

3. Teratur mengganti sprei

Bayi lebih banyak.menghabiskan waktunya di tempat tidur. Walaupun sudah aktif bergerak, tetapi umumnya jam tidurnya masih sering dan lama. Oleh karena itu kebersihan tempat tidur jadi prioritas. Dulu, bila sebelum punya bayi mengganti sprei seingatnya saja, sekarang setelah mempunyai bayi, mengganti sprei bisa 1-2 minggu sekali.

3. Memperhatikan makanan bayi

Ruam bayi bisa juga disebabkan reaksi alergi pada makanannya. Oleh karena itu, setiap ibu harus memperhatikan apa yang dimakan oleh anaknya. Boleh jadi ada beberapa makanan yang ternyata menimbulkan reaksi alergi pada bayi. Akan tetapi, aku dan suamiku sendiri sebenarnya tidak ada yang mempunyai riwayat alergi. Sejauh ini juga belum (semoga tidak) ada makanan yang memberi reaksi alergi pada bayiku.

4. Memilih sabun khusus bayi

Ternyata, rutin memandikan bayi saja belum cukup untuk mencegah ruam pada bayi. Perlu pemilihan sabun khusus bayi yang tepat agar ruam segera sembuh dan tidak muncul lagi. Bayi dengan kulitnya yang lembut cenderung lebih sensitif dengan kandungan sabun seperti SLS. Bahan kimia SLS dapat mengurangi kelembaban kulit bayi sehingga beresiko terkena iritasi. Oleh karena itu, syarat utama dalam pemilihan sabun untuk bayi adalah yang tanpa SLS.

5. Memilih cairan pencuci pakaian tanpa deterjen SLS

Selain memilih sabun, untuk pakaian dan alas tidur yang akan banyak bersentuhan dengan kulit bayi yang lembut dan sensitif perlu cairan pencuci pakaian yang bebas deterjen SLS. Kandungan deterjen SLS pada cairan pencuci pakaian akan menghasilkan residu pada kain. Kondisi kain yang masih banyak residu setelah dicuci dapat dikenali dengan kondisi kain yang kaku setelah kering. Residu  ini seringkali memicu iritasi  pada kulit bayi.

Solusi Sabun dan Cairan Pencuci Pakaian untuk Kulit Bayi yang Lembut

PureBaby adalah produk pembersih tanpa  tambahan Sodium Lauryl Sulfat (SLS)/ Sodium Laureth Sulfat/ Sodium Myrate Sulfat/ Anionik Surfaktant sehingga bebas khawatir iritasi karena sabun dan cairan pencuci bajunya.

Rangkaian produk PureBaby memiliki  pH 5,5 sesuai dengan pH normal bayi. Berbeda dengan sabun pada umumnya yang memiliki pH basa.
Sabun dan Laundry Liquid Purebaby tanpa deterjen SLS 

Merek PureBaby berada di bawah pengawasan Novell Pharmaceuticatl group yang merupakan perusahaan farmasi kelas dunia  sehingga hulu ke hilir produk Purebaby mulai dari bahan baku, proses produksi, bahan kemas sampai dengan produk jadi sesuai dengan standar kualitas GMP (Good Manufacturing Practice Farmasi).

PureBaby Liquid Soap

PureBaby Liquid Soap memiliki aroma yang lembut dan teksturnya itu loh, halus banget. Rasanya kayak pakai sabun mewah. Ya iyalah, PureBaby Liquid Soap kan mengandung ekstrak alami dari oat kernel, chamomile, dan pro vitamin B5.
Perawatan intensif untuk kulit sensitif

Ekstrak Oat Kernel 
Ekstrak oat kernel mengandung bahan aktif Mucilage polysaccharides (β-glucan), protein (glutelin andavenin), dan flavonoid menurut publikasi European Medicines Agency (EMEA). Ekstrak oat kernel berkhasiat menyejukkan dan menenangkan permukaan kulit dari rasa gatal dan perih serta memberikan kelembaban pada kulit.

Ekstrak chamomile
Ekstrak chamomile mengandung allantoin yang berfungsi mengatasi merah-merah akibat iritasi pada kulit bayi.

Pro vit B5/ D-Panthenol
Pro vit B5 berfungsi sebagai pelembab/moisturizer karena memiliki kemampuan mengikat air lebih lama dan menembus permukaan kulit lebih dalam sehingga sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit, menjaga kulit bayi tetap halus dan lembut.
Komposisi PureBaby Liquid Soap

PureBaby liquid soap memiliki busa yang relatif sedikit. Fyi, busa sendiri sebenarnya bukanlah zat pembersih, sehingga walaupun busanya sedikit, tetapi kemampuan PureBaby dalam membersihkan kotoran pada kulit tetap baik . Justru dengan busa yang relatif sedikit, kelembaban kulit bayi dapat lebih terjaga . Nggak ada rasa kesat pada tangan setelah memandikan bayi. Tekstur sabunnya pun lembut seperti susu dengan aroma yang menenangkan.

Tekstur sabun yang lembut dengan aroma yang menenangkan
Cuaca Jogja di bulan ini sangat panas sehingga rentan menimbulkan ruam pada kulit. Yang paling parah ya si adik bayi, wajahnya sempat penuh ruam, tapi Alhamdulillah dengan menggunakan PureBaby Liquid Soap, ruamnya sudah jauh berkurang. Sekarang jadi nggak rewel lagi kalau lagi main atau tidur. Karena kulitnya sudah bebas gatal sekarang.

Fafa ceria karena bebes ruam berkat Purebaby Liquid Soap

PureBaby Laundry Liquid

Selain menggunakan sabun mandi yang tepat juga perlu menggunakan sabun pencuci baju yang tepat. Karena ruam bayi bisa disebabkan karena residu dari deterjen SLS  yang masih menempel di baju dan bersentuhan dengan kulit bayi.


PureBaby Laundry Liquid adalah cairan pembersih pakaian yang bebas kandungan SLS (sodium lauryl sulphate), mengandung alkylpoliglucoside yang berasal dari minyak kelapa dan gula jagung sebagai zat pembersih, ekstrak aloe vera, anti bakteri, dan anti fungi.
Komposisi PureBaby Laundry Liquid

Bentuknya yang cair membuat cairan pembersih ini mudah dibilas dan kandungan bahan alami aloe vera membuat pakaian dan tangan setelah mencuci tetap lembut. Tanpa pelembut pakaian pun, baju bayi jadi tetap lembut. PureBaby Laundry Liquid memiliki keharuman yang lembut. Busanya relatif sedikit dan mudah dibilas, PureBaby Laundry Liquid juga membuat pakaian bebas apek. Nggak perlu pakai parfum lagi deh. Hehe.
Kemudahan tuang PureBaby Laundry Liquid

Oh iya, PureBaby Laundry Liquid memiliki kemampuan membersihkan nodanya cukup baik. Pada baju bayi yang terkena noda sirup obat bisa bersih dengan kucekan lembut saja. Bisa diandalkan buat mencuci baju bayi yang kulitnya masih lembut, tetapi bajunya relatif kotor karena bayi cenderung terus bereksplorasi dan main kotor-kotoran. Selain itu Pure Baby Laundry Liquid lembut di tangan, pakaian jadi lembut, setelah dijemur tidak bau apek, dan tidak menyebabkan iritasi dan gatal di kulit.

Jadi, demi kesehatan kulit bayiku, aku memilih Pure Baby Liquid Soap dan Pure Baby Laundry Liquid dong! Purebaby bisa dibeli di Kimia Farma, Food Hall, Farmers Market, Ranch Market, Diamond, AEON, LULU, Grand Lucky, dan di Baby Shop. Purebaby Liquid Soap juga bisa didapatkan di apotek.

Reaksi:

8 komentar:

  1. wahh jadi bebas ya bereksplorasi.. gak khawatir meski anak main oasir dan sejenisnya..

    BalasHapus
  2. Pure baby ini emang recomended..produknya bagus. Tifa aja sampe sekarang msh pake pure baby padahal udah bukan bayi lagi

    BalasHapus
  3. wah pure baby ini merk lama ya, pasti teruji utk kulit bayi. Mau diinfo ke Zea biar cobain juga..

    BalasHapus
  4. Aku juga pakai Pure Baby laundry detergent. Soalnya anak-anak suka sensitif kalo pake detergent biasa. :)

    BalasHapus
  5. Mba apakah produk ini sdh halal?

    BalasHapus
  6. Detergen Pure Baby mantep ya. Ada non SLSnya

    BalasHapus
  7. Mengganti sprey ini yang kadang aras-arasan atau lupa. Sebulan baru ganti :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...