11.8.22

Pengalaman Pindah KTP dan Bayar STNK dengan KTP Beda Alamat di Jogja

Sudah hampir 2 tahun ini EDibaFREE Family tinggal di Gunungkidul. Tapi baru kemarin kami resmi jadi warga lantai 1 Jogja. Ya, akhirnya kami pindah KTP juga. Sebelumnya masih ragu mau pindah KTP. Alasannya, karena pelayanan pemerintah Kota Jogja yang ciamik banget. Masih inget bagaimana indahnya pengalamanku lahiran di Puskesmas Jetis. Rasanya, masih susah move on.

Baca: Pengalaman lahiran di Puskesmas Jetis

Selain itu, KTP Jogja masih dipertahankan untuk persiapan menyekolahkan anak lanang ke sekolah negeri di Jogja. Tapi, karena ada beberapa kebutuhan administrasi yang memerlukan KTP Gunungkidul, dan setelah dipertimbangkan lagi soal menyekolahkan anak ke Jogja, ah kayaknya nggak worthed mempertahankan KTP Jogja demi anak yang belum tentu sekolah di Jogja, sementara urusan administrasi di Gunungkidul jadi terhambat. Akhirnya, pada tanggal 3 Agustus 2022 aku mulai mengurus perpindahan penduduk.

Pengalaman pindah KTP di Jogja

Tanpa pengantar RT, RW, dan Kelurahan. Langsung via WA Dukcapil Jogja

Awalnya, aku belum tahu kalau ngurus pindah KTP full online. Ternyata, beneran semudah itu! Nggak perlu pengantar dari RT, RW, ataupun Kelurahan. Beneran ini membantu banget. Selain hemat waktu dan tenaga, tentu saja hemat biaya. Bisa dibayangkan, kalau perlu minta surat dari mereka, perlu berapa lama bolak balik demi dapat suratnya, nggak enak juga kalo nggak ngasih 'sesuatu'. Iya tau, itu gratisfikasi, tapi setelah dibantu terus nggak ngasih apa-apa kan nggak enak ya. Alhamdulillah syarat tersebut akhirnya dihapuskan. Psst, mengurangi sampah kertas juga kan.?

Beneran full online dan sehari jadi!

Setelah aku WA sekretaris RT di domisili lama dan beliau bilang sekarang ngurusnya langsung ke Dukcapil via WA, langsung Senin pagi (1/8/22) aku WA nomor tersebut. Nomornya bisa dicek di website ini:

https://dindukcapil.jogjakota.go.id/page/index/layanan-online-wa

Beda pelayanan, beda nomor WA. Masing-masing Dukcapil juga ada websitenya sendiri. Cek saja via google alamat website Dukcapil daerahmu. Kalau memang sudah ada pelayanan WA, nanti akan tercantum di websitenya.

Sistemnya keren sih ini, responsif. Tapi memang strict di jam kerja, kecepetan 2 menit aja harus WA ulang. Aku ngisi formnya langsung pakai aplikasi PDF, dan sebelum jam 10 berkas sudah aku WA kembali. Jam 11 dapat konfirmasi berkas sudah bisa diproses. Gak sampai 24 jam langsung dapat email dari email resmi Dukcapil Kemendagri. 

Selesai kirim berkas, lalu dapat WA untuk menunggu 1×24 jam

Gak sampai 24 jam, surat pindah sudah jadi!

Proses di Dukcapil Gunungkidul

Walau masih Yogyakarta, aku gak mau berekspektasi pelayanan Dukcapil Gunungkidul bakalan sebagus Dukcapil Kota Jogja. Tapi, memang sebagus itu sih Dukcapil sekarang. Kuncinya WA di jam kerja. Kalau bisa ngepas jam 8, karena aku tertolak berkasnya, karena kirim di jam 12.44 (seharusnya bisa sampai jam 13.00 tapi saat itu kuota sudah penuh). Tapi nggak masalah sih, tinggal kirim ulang besoknya di jam 8 pagi, setelah itu proses komunikasi kayak kita lagi WAnan gitu. Bisa nyambi kerja, nggak keluar bensin, nggak perlu emosi karena harus ngantri. Haha!

Cuma chattingan tau2 dokumen sudah diproses

Setelah semua dokumen lengkap, lalu kita dapat nomor untuk pengambilan berkas. Proses pencetakan berkas adalah seminggu atau 5 hari kerja. Sejauh ini nggak perlu izin atau cuti buat ngurus berkas kependudukan. Beneran sesuai jargonnya "Ngurus dewe, gampang, ora mbayar"

Pengambilan berkas

Akhirnya tiba waktunya ambil berkas kependudukan baru (KTP, KIA, dan KK). Sempet salah tempat, karena datangnya ke Dukcapil Gunungkidul, padahal pengambilan berkasnya di Mall Pelayanan Terpadu di Terminal Dhaksinarga. Agak jauh dari pusat kota memang. Tapi keren banget tempatnya. Entah terminalnya masih dioperasikan atau nggak ya, karena kayaknya nggak ada lalu lalang bis disini. Malah bisa jadi tempat trek-trekan nih. Haha!



Masuk ke Mall Pelayanan Terpadu-nya beneran kayak lagi masuk mall atau hotel gitu. Di pintu masuk kita akan disambut mbak resepsionis yang ramah dan cantik. Ada mas yang siap membantu bila ada yang perlu ditanyakan juga. Kalau baca beritanya sih, awalnya pelayanan terpadu ini untuk kemudahan pengurusan izin di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu. Tapi terus berkembang, ada Badan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Sosial, dan Dukcapil. Yang 2 terakhir ini yang biasanya ramai antrian, apalagi Dinas Sosial. Yang urusan sama BPJS soalnya ngurusnya ke Dinas Sosial ini. 

Kembali soal pengurusan berkas kependudukan EDibaFREE Family. Nggak sampai 10 menit antrianku dipanggil dan langsung ambil berkasnya. Kalau saja nggak harus kerja, rasanya pengen berlama-lama disitu. 

Ruang tunggunya nyaman banget!

Oh ya, karena mumpung lagi di luar, kebetulan STNK pajaknya habis. Jadi sehabis dari ngambil KK dan KTP baru, aku langsung cuss ke Samsat. Eniwei, kenapa yak bayar pajak kendaraan bermotor nggak sekalian bisa di Mall Terpadu ya? Pasti lebih enak lagi ya kalo bisa gitu.

Bayar Pajak dengan KTP beda alamat, bisa nggak sih?

Waktu aku pasang story kalau ganti KTP, langsung masuk beberapa japri. Pertanyaannya sama, kalau ganti KTP gitu, bermasalah nggak administrasinya?

Jawabannya nggak. Karena nanti STNKnya masih mencantumkan alamat lama. Dan yang paling penting, nomor KTP kita nggak akan berubah, jadi tenangno pikirmu gaes. Lagian biarin aja alamatnya tetep gitu, kalau pindah malah harus urus mutasi, biaya lagi, ye kan? So far karena aku masih sama-sama Jogja, jadi nggak masalah bayar pajaknya di Gunungkidul. Yang mungkin agak ribet kalau pindah dari luar Jogja, karena harus diurus di provinsi asal. Semoga kedepannya ada inovasi untuk pembayaran STNK online dan berkasnya dikirim pos. Kalau nggak salah di Jabar sudah ada, tapi kurang paham implementasinya gimana. 

Kalau ada yang perlu ditanyakan silahkan komen ya...


1 komentar:

  1. Oh masih sama-sama DIY ya, mbak. Berarti kalau beda propinsi kemungkinan agak beda ya? Aku pengen pindah dr DKI ke Bekasi nih

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...