3.2.18

Tips Melahirkan Sealami Mungkin


Siapa sih yang nggak pengen lahiran secara 'gentle'? Kayaknya kalau belum lahiran secara normal dianggap belum gentle. Padahal sih setiap ibu yang bertaruh nyawa untuk melahirkan pastinya sudah melahirkan secara gentle. Memang setiap ibu pasti menginginkan bisa melahirkan sealami mungkin. Karena semakin alami, maka akan semakin mudah pula recovery pasca melahirkannya.

Berpikir positif, optimis, dan bahagia

Sebenarnya inti dari melahirkan alami adalah pikiran positif dan bahagia selama hamil sampai proses persalinan. Hal ini akan mengurangi rasa sakit (tidak nyaman) yang pasti dialami selama kehamilan dan persalinan. Berpikir positif berarti menghilangkan prasangka dan kesulitan saat persalinan nanti. Selama kehamilan, pikiran ibu harus dijaga untuk tetap optimis dan bahagia. Walaupun tidak semua ibu dapat menjalani kehamilan dengan sehat wal afiat, tapi tetap harus ikhlas menjalaninya. Percaya saja bahwa masalah kehamilan ini pasti berlalu. Hilangkan pula ketakutan akan sakitnya persalinan. Tubuh wanita memang sudah dipersiapkan untuk itu. Dengan kekuatan pikiran optimis dan bahagia, masa kehamilan dan saat persalinan akan terlewati dengan lebih mudah.

Berdayakan Diri 

Selain pikiran yang optimis dan bahagia, ibu hamil juga perlu memberdayakan diri untuk menyamankan diri selama kehamilan. Ikut kelas senam hamil atau yoga untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang dialami selama kehamilan. Kalau tidakemungkinkan, bisa browsing di internet mengenai gerakan senam hamil ataupun yoga yang bisa dilakukan di rumah. Perbanyak gerak dan jangan terlalu memikirkan rasa sakit dan tidak nyaman selama hamil. Punggung pegal dan selangkangan sakit adalah hal biasa yang dialami ibu hamil. Perbanyak aktivitas agar ibu lupa rasa sakit selama hamil. Yang penting jangan terlalu kelelahan dan harus segera periksa ke dokter bila terjadi flek terus menerus, perdarahan, atau pun kram yang hebat (kalau kram2 dikit sih wajar).

Cari tahu apa yang paling nyaman untuk tubuh ibu. Bila sekarang lagi heboh tarian zumba untuk mengurangi sakit persalinan, tentu itu bisa kita ikuti bila memang membuat nyaman. Akan tetapi, tubuh masing-masing ibu berbeda-beda, tidak semua cocok dengan cara ini. Jangan sampai memaksakan diri mengikuti yang sedang tren, tetapi justru merugikan kita.

Hilangkan Idealisme

Setiap ibu mungkin mempunyai idealisme akan persalinan yang dijalani. Ada yang setengah mati mengusahakan idealismenya itu. Nggak salah memang, apalagi bila memang tidak ada indikasi medis yang menghalangi idealismenya itu. Sayangnya, kadang demi idealisme, seorang ibu menjadi rela mati-matian bertaruh nyawa. Kadang mungkin karena tekanan dari masyarakat juga, seperti misalnya stigma kalau belum lahiran normal maka belum menjadi ibu yang sempurna (pendapat macam apa itu?). Alhasil ibu akan berjuang mati-matian demi lahiran normal. Terkadang jadi tidak mengindahkan kondisi tubuhnya lagi.

Padahal, lahiran caesar ketika ada indikasi medis yang mengharuskan lahiran caesar, adalah gentle birth. Artinya, ibu mengakui bahwa persalinan caesar adalah yang terbaik yang harus dia jalani. Dunia memang terkadang tak sesuai dengan harapan, tapi percayalah bahwa itulah yang terbaik.
Reaksi:

10 komentar:

  1. Yang penting bukan cara melahirkan ya, aku dulu juga pingin lahiran normal. Tapi ujung-ujungnya harus caesar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa..semua cara melahirkan itu butuh perjuangan..

      Hapus
  2. Ibu hamil harus optimis, lahir normal atau caesar yang penting ibu dan bayinya sehat ^^.

    BalasHapus
  3. buat aku, normal vs sesar, lebih gentle sesar hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl danda kan emang ada faktor eksternal kan yg kedua ini..

      Hapus
  4. Aku dulu pas tau hamil, nggak mikir yang aneh2...bismillah,pokoknya dinikmati banget. Tiba2 ketiban pecah pas usia hamil 8 bulan,dibawa ke rs ogah darah tinggi. Kata dokter bisa kemungkian normal atau cesar,aku pasrah. Alhamdulillah normal..

    BalasHapus
  5. Waktu lahiran anak pertama, saya udah coba normal sampai bukaan 10. Sempat menangis karena udah sampai bukaan 10, tapi akhirnya disarankan caesar. Tapi daripada kenapa-napa bayinya, mendingan pilih yang terbaik aja menurut dokter

    BalasHapus
  6. Aku sebulan lagi mba melahirkan meski uda pernah tapi tetep aja dag dig dug banget nih mba hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...