17.10.17

My Generation, Fenomena Anak Remaja Masa Kini

Jadi orang tua nggak ada sekolahnya. Tapi jadi orang tua itu belajar seumur hidup. Yang dididik adalah manusia, insan bernyawa yang dilengkapi hati dan rasa. Sayangnya, banyak orang tua yang tidak memahami hal ini. Mereka beranggapan bahwa mendidik anak pakemnya ya seperti orang tua mereka mendidik mereka. Padahal zaman selalu berubah. Cara mendidik di masa lalu tentu kurang relevan bila diterapkan di masa sekarang. Namun, ada orang tua yang masih kekeuh dengan prinsip, "Jaman Papa/Mama dulu..."
Jaman sudah berubah Pak, Bu...

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Sebagai orang tua mereka pasti pernah muda. Karena itu, terkadang orang tua menjadi 'sok tahu' dalam menentukan masa depan anak. Kegagalan mereka di masa lalu membuat mereka protektif terhadap anak mereka. Mereka tidak ingin anak mereka mengalami kegagalan seperti mereka dulu. Padahal tanpa mereka sadari, justru kegagalan lah yang membuat para orang tua protektif ini berhasil di masa depan. Justru tanpa kegagalan, anak-anak dapat saja tumbuh menjadi pribadi yang gampang menyerah, atau justru malah menjadi pembangkang akibat terlalu dikekang.
Sayangnya ortu terlalu sayang membiarkan anaknya berbuat salah...

"Anak zaman sekarang kok bandel-bandel ya?" Eits, stop labelling. Mereka bukannya bandel, mereka hanya kreatif dan kritis. Apalagi dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, sangat mudah bagi mereka menyuarakan pendapat mereka. Hal gampang buat mereka dalam mengumpulkan masa. Dengan potensi mereka yang begitu besar, sebagai orang tua tentu harus mengikuti perkembangan zaman. Support mereka, bimbing mereka dengan cara yang baik. Anak muda dengan energi yang luar biasa tentu percuma untuk dikekang.
Terlanjur dicap bandel, ya udah bandel beneran sekalian ^_^

Fenomena anak remaja zaman sekarang memang menarik untuk dibahas. Menampilkannya dalam bentuk film tentu lebih menarik lagi. Film dengan judul "My Generation" yang rencana tayang mulai 9 November ini bertujuan untuk menunjukkan pada orang tua zaman sekarang bagaimana perilaku anak remaja zaman sekarang. Bila orang tua sudah paham tantangan mereka di zaman sekarang, tentu akan lebih mudah buat mereka dalam mendidik anak mereka nantinya. Film yang disutradarai oleh Mbak Upi ini telah melalui riset selama dua tahun. Sehingga bisa dipastikan apa yang disuguhkan di film ini adalah fenomena anak remaja, khususnya di kota besar saat ini.

My Generation bukanlah film wah yang bertabur bintang papan atas. Empat pemain utamanya adalah pendatang baru yang memang benar-benar mewakili anak remaja masa kini. Mereka adalah Alexander Kosasie sebagai Orly, Arya Vasco sebagai Konji, Lutesha sebagai Suki, dan Bryan Lagelo sebagai Zeke. Untuk pemain pendukung yang berperan sebagai orang tua mereka, memang Mbak Upi memilih artis senior seperti Surya Saputra, Aida Nurmala, Ira Wibowo, Indah Kalalo, Tio Pakusadewo, Karina Suwandhi, dan Joko Anwar.
don't judge by its cover, kenyataannya beginilah potret remaja saat ini.
Poster film memang agak kontoversial. Seperti melegalkan pergaulan bebas. Padahal sebenarnya tidak sama sekali. Mereka berempat murni bersahabat dan tidak ada konflik asmara diantara mereka. Konflik cerita ini diawali ketika video kritikan terhadap sekolah yang dibuat 4 sahabat, Zeke, Orly, Suki, dan Konji menjadi viral di lingkungan sekolah mereka. Hal ini membuat mereka dihukum tidak boleh mengikuti study tour sekolah. Tapi, mereka terlalu keren untuk dihukum! Masa liburan sekolah mereka manfaatkan untuk melakukan banyak hal yang memberikan banyak arti dalam kehidupan mereka. Pengalaman apa sajakah itu? Penasaran deh pengen nonton di tanggal 9 November nanti. Makin seru kalau nontonnya bersama keluarga, terutama saudara yang berusia remaja. Yuuuk...
Reaksi:

6 komentar:

  1. Remaja jaman now dirusak sama sinetron yang tydack mendidik! Jadi inget tahun 90-an sinetronnya syarat akan moral value, kayak Keluarga Cemara

    BalasHapus
  2. Filmnya cocok buat generasi jaman now ya mbak, mau nonton ah

    BalasHapus
  3. Iya setuju zaman berubah. Makanya ga mau bilang anak jaman sekarang bla bla bla. Hehe.

    BalasHapus
  4. Nggak ada anak nakal dan bandel,yang ada mereka anak2 istimewa

    BalasHapus
  5. My generation ini rating umurnya berapa mbak Diba? kalau anakku umur 8 tahun boleh nonton ga ya? hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...