18.5.17

A Day with Mira A. Udjo

Udah lama banget nih nggak ngubek-ngubek blog teman dalam rangka arisan blog. Alasannya sih klasik: sibuk, padahal kalau disempetin sih, ibarat bertamu yah. Datang cuma sebentar, tapi bawanya banyak! Iya, apalagi kalau berkunjung ke blog yang produktif kayak kakira.my.id punya Mbak Mira A. Udjo.

Mbak Mira ini cukup aktif ikutan acara offline blogger, terutama acara yang kaitannya dengan keluarga. Jadi, dengan membaca blognya aku jadi seperti ikutan di acara itu. Banyak acara yang diikuti Mbak Mira dan cukup bikin mupeng daku nih. Di halaman pertama blognya aja, blogpostnya ada tentang acara peluncuran koleksi baru Mothercare (kan kece-kece banget tuh koleksinya), Kanmo Spectacular Bazaar (nah ini retailnya Mothercare, so pasti kece-kece lah barang-barang bazaarnya), CFD bersama Downy (ih mupeng sama joget Downynya), Blogger Day with SoMan Indonesia  (masih penasaran nih aku sama yang namanya SoMan), suka lihat seru-seruannya duo K di acara Together More with Choco Pie dan Dancow Explore The World.

Biar 'kepo'nya makin tuntas, aku bikin list pertanyaan dan ktanyakan via whatsapp. Asyiknya, Mbak Mira menjawab 10 pertanyaanku dalam waktu relatif cepat. Asyeek.

1. Mb Mira ngeblog dari tahun berapa? >> Dari tahun 2009. Pas lagi hamil k1.
(Wah udah lama juga ya. Aku juga blognya dari 2009 lho. Tapi hiatus lama, baru aktif lagi akhir 2013, hehe.*sapa yang nanyak)

2. Awal ngeblog motivasinya apa mbak?
>> Awal ngeblog sebetulnya cuma iseng doang. Ikutan temen yang punya blog. Nah berhubung aku baru berhenti kerja dan gak ada kerjaan, akhirnya iseng bikin blog. Tapi itupun masih jarang-jarang juga isinya dan kebanyakan tentang curhat galau ibu hamil gitu deh.
(Eh tapi ngeblog tuh memang bermanfaat ya. Selain buat keluarin uneg-uneg, juga bermanfaat buat ngisi waktu selama di rumah, ya nggak sih?)

3. Blog pertamanya apa? Kayaknya ngeblog setelah menikah ya? Atau ada blog sebelum nikah?
>> Blog pertama udjomio.blogspot.com. Udjomio itu dari nama panggilan aku dan suami. Itu dibuatnya setelah menikah. Sebetulnya ada juga sih di multiply, tapi aku lupa namanya dan sejak kapan. Dulu buat di multiply karena biar bisa belanja online dan nanya-nanya di blog orang buat persiapan nikah. Jadi emang gak pernah fokus isi di multiply. Cuma post foto-foto aja.
(Wah, samaan nih. Punya akun multiply sebagai 'reader' doang. Pas itu mah belum paham sama yang namanya blog itu apaan)

Nah, pertanyaan keempat ini adalah pertanyaan terkepoku. Secara Mbak Mira kan blogger ibukota, jadi aku penasaran dong gimana rasanya jadi blogger ibukota yang (kabarnya) persaingannya ketat.

4. Suka dukanya jadi blogger ibukota gimana nih mbak?*aku kepo
>> Yang jelas banyak saingan. Hehehe.. Kalo aku sih karena memang dijalaninnya gak terlalu ngoyo jadi buat aku ya masih banyakan sukanya. Enaknya banyak event buat blogger.  Kalau lagi banyak, bisa ngantri deh tuh event yang pengen didatengin. Sampai suka kepengen bisa membelah diri biar bisa dateng ke banyak event yang barengan. Kalau dukanya sih sejauh ini belum ada ya. Karena memang jalaninnya hepi ya jadinya hepi aja.

(Siip. Sesuatu kalo dinikmati dan sesuai hobi memang menyenangkan. Cheers!)

5. Mbak Mira kan sering ikutan acara offline blogger di Jakarta. Itu gimana bagi waktunya? Secara acaranya kan banyak n kadang jauh2.
>> Kalo bagi waktu, yang jelas aku ambilnya sebisa mungkin yang weekend. Tapi weekend pun aku batesin cuma satu hari aja. Kalau gak sabtu ya minggu. Supaya bisa tetep ada satu hari quality time sama anak dan suami. Kalau hari kerja, lebih milih yang setelah makan siang atau agak sore. Supaya tetep bisa jemput anak dari sekolah dulu baru berangkat. Kalau untuk masalah jauh, biasanya aku daftar atau terima undangan yang tempatnya yang masih dalam jangkauan plus aku kenal daerahnya. Kalau daerahnya jauh dari rumah dan aku gak kenal daerahnya ya gak di ambil. Buat aku gak sepadan capeknya. Apalagi Jakarta sekarang macet banget. Bisa habis waktu dijalan. Makanya pasti ambil yang gak terlalu jauh dari rumah.

(Noted. Nggak kebayang kalo nggak selektif bisa keok itu badan ikutan srgala event kali ya?)

6. Berkah ngeblog terbesar yang mbak mira rasakan selama ngeblog ini apa?
>> Hmmmm.. Apa ya.. Buat aku berkah yang terbesar itu ya bisa kenal banyak orang baru. Bisa ketemu sama orang terpandang, orang terkenal, pejabat, dan lain sebagainya yang rasanya kalo bukan dari ngeblog, kayaknya gak bakalan mungkin deh bisa bertatap muka atau bertukar sapa sama mereka. Dan bisa nyobain produk/tempat lebih dulu dari orang lain. Gayak deh pokoknya. Hahahahha.

(*gayak, yes2. Aku setujuuu. Usah macam artis gitu ya Mbak. Hehe)

7. Pengen gak sih duo K nanti ngikuti jejak emaknya jadi blogger? Kira2 minat gak duo K jadi blogger? Hehe
>> Kalo blogger kayaknya mereka blom ada minat. Tapi kalo vlog, mungkin ada. Mereka lagi suka banget minta direkamin pas lagi main atau mereka bikin cerita apaaa gitu trus direkam.

(Anak-anak memang lebih asyik visual kayaknya ya? Anakku juga. Apa-apa divideoin ampe kadang full memorinya)

8. Suami ikutan ngeblog di kakira juga gak sih?
>> Dia pada dasarnya gak suka nulis cerita. Tapi pernah sih nulis dua atau tiga kali deh kalo gak salah. Itupun karena aku "paksa" dan dia emang lagi mau dipaksa. Makanya kejadian. Tapi sampai sekarang blom pernah lagi sih.

(Toss Mbak. Nulis itu butuh kemuan dan konsistensi. Dan waktu yang tenang. Kalau nggak punya tiga hal itu, memang agak susah mau nulis, suamiku juga, padahal doski punya blog, hihi)

9. Pertanyaan agak teknis nih, kan awalnya ngeblog di blogspot, kok akhirnya hijrah ke wordpress kenapa mbak?
>> Kalau itu sebetulnya dijerumuskan sama suami. Jadi dulu pas kepengen beli domain, aku ngobrol-ngobrol dulu sama suami. Tau-tau dia udah langsung beliin kakira.my.id dan dia buatnya di wordpress. Jadilah saya terjerumus dan harus belajar lagi dari awal. Harus setting segala macem sendiri. Belajar lagi plugin-pluginnya, htmlnya, dan lain-lain. Awalnya frustrasi banget dan sempet didiemin agak lama. Tapi akhirnya pelan-pelan bisa juga dan dapet juga feelnya. Pas udah mulai nyaman, aku export semua post di udjomio ke kakira lalu udjomio aku buat private. Cuma sayangnyaaaa.. Sampe sekarang blom kelar ngerapihin post-post yang lama. Ternyata banyak juga euy. Hahahaha.

(Nah2, 'terjerumus' ternyata. Dulu daku pun sempat pengin hijrah ke wordpress. Tapi urung karena gaptek, haha)

10. Apa sih harapan Mbak Mira di dunia perbloggeran ke depan? Semacam targetnya Mbak Mira gitu.
>> Target.. Banyak job. Aamiin. Hahahha.. Ya kalo ditanya target aku sih kepengennya ada tawaran kerjasama terus ya. Tapi itupun gak terlalu ngoyo banget. Soalnya memang dari akunya juga tetep selektif. Gak serta merta semua tawaran di ambil. Soalnya lumayan pusing juga otak aku mikirnya kalo segala disamber. Harapannya sih bisa terus berbagi aja dan semoga apa yang aku bagi, bisa ada manfaat untuk orang lain. :)

(Aamiin. Alhamdulillah ngeblog bisa nambah uang dapur ya..moga kedepannya blogger makin dipercaya brand ya...)

Seru deh ngobrol santai sama Mbak Mira. Udah cantik, ramah, dan kayaknya sih orangnya kalem deh. Someday, moga-moga ada event blogger yang mempertemukan kita ya Mbak. Aamiin.
Reaksi:

1 komentar:

  1. Daku pun ngeblog dari 2009 tapi gitu isinya amitabacan lah pokoknya ahaha. Saya suka kalau mba Mira ootd-an pas lagi dateng ke event.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...