26.5.17

5 Hal yang Aku Rindukan di Bulan Ramadan


Ramadan mulai besok! Dari sebulan menjelang Bulan Ramadan ini, Ais mulai 'kepo' soal puasa karena serial Upin dan Ipin episode bulan puasa. Mudah-mudahan sih Ais bisa lancar berpuasa. Rencana sih baru mau puasa setengah hari saja. Soalnya dari tahun lalu dia belum pernah benar-benar puasa. Apalagi bocahnya demen ngemil dan minum air putihnya banyak. Tapi, sebagai ibu aku harus optimis lah yaw...

Nah, Bulan Ramadan kan memang bulan yang istimewa dibanding 11 bulan lainnya. Karena itu, banyak hal istimewa yang kurindukan selama Bulan Ramadan ini. Hal-hal tersebut antara lain:

1. Momen sahur dan berbuka bersama
Momen sahur dan berbuka bersama adalah hal yang sangat aku rindukan dari Bulan Ramadan. Soalnya, kalau di bulan lainnya, terkadang jam makan di keluargaku  bisa berbeda-beda. Kalau selama Bulan Ramadhan, otomatis jadwal makannya bareng, yaitu pas sahur dan berbuka. Suasana makan istimewa, menunya pun seringkali istimewa pula.

Selama Bulan Ramadan pula, akan banyak tawaran berbuka bersama. Paling enak sih kalau buka bersamanya nggak di tempat umum, soalnya tempat makan suka penuh nggak ada ampun pas jam buka puasa!

2. Solat Tarawih berjamaah
Sebenarnya aneh lo, kok bisa masjid lebih rame saat ibadah Tarawih yang notabene ibadah sunah, dibanding saat waktu Sholat Magrib yang merupakan ibadah wajib? Tapi itulah istimewanya ibadah di Bulan Ramadan. Ada satu hal yang bikin jamaah Sholat Tarawih bakalan tetap banyak. Semua itu karena buku catatan kegiatan Ramadan yang wajib diisi oleh pelajar di Indonesia. Inget banget dulu zaman sekolah, setiap selesai solat tarawih pasti antri minta tanda tangan khatib. Kalau pas nggak bisa ke masjid, aku pasti paksa bapakku ngasih ceramah buatku, aku resume, terus bapak suruh tanda tangan. Kalau sekarang, mungkin kepikiran nonton streaming terus tanda tangannya di a.n gitu kali ya? Hahahahahha!

3. Berburu takjil dengan berbagai pilihan menu di sepanjang jalan
Ini nih yang bikin semangat menjelang buka. Biasanya suka banyak pasar kaget di jalanan. Tinggal pilih mau buka puasa pakai apa. Dulu pas masih kuliah sih, pilihan makanan di sekitaran kampus bermacam-macam. Tapi pilihan menu yang kubeli nggak pernah jauh dari gorengan dan es buah. Nggak tahu deh, yang paling menggugah selera pas buka puasa cuma dua jenis makanan itu. Belakangan karena males keluar rumah, gorengan dan es buah kami buat sendiri di rumah. Ternyata lumayan hemat dan menambah kehangatan keluarga saat berbuka lho!

4. Menikmati iklan yang khusus hanya ada di Bulan ramadan
Pertanda kalau akan memasuki bulan puasa itu bukan pidato dari Menteri Agama, tapi dari munculnya iklan sirup yang khusus muncul menyambut puasa dan lebaran. Ada juga iklan rokok seri Ramadan yang kerap kali menyentuh hati. Kalau dulu sih ada iklan gula yang atraktif dan menarik menyambut hari besar di Indonesia, tapi sekarang iklan itu nggak pernah ada lagi. Huhuhu.

5. Berburu baju lebaran
Baju baru memang nggak mutlak harus ada di hari raya. Tapi seru aja kan ya kalau pakai baju lebaran seragam bersama keluarga. Yang jelas sih baju buat anak lanang kudu disiapin yang baru, soalnya badannya makin melar kesamping dan keatas. Apalagi habis sunat ini. Hadeh.

Berburu baju lebaran sih sebaiknya sebelum bulan puasa. Biar gak kecapekan, dan sayang banget kan kalau harus batal puasa gara-gara urusan duniawi macam beli baju lebaran. Atau kalau mau praktis sih, mending beli online saja. Nyaman banget tinggal cari baju lebaran pilihan disini sembari duduk atau tiduran cantik. Klak klik pilih baju. Transfer. Nunggu kiriman datang deh. Praktis dan mudah. Asal jangan gatel kebanyakan belanja online saja, tahu-tahu saldo ATM tipis, nggak bisa ngasih sangu sodara-sodara di kampung dong nanti. Hehehehe..

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Karena itu, yang paling kurindukan dari bulan ini adalah keberkahannya. Berkah setelah seharian berpuasa, dan berkah berkumpul keluarga besar. Alhamdulillah.
Reaksi:

3 komentar:

  1. Aku juga selalu rindu suasana Ramadhan. Suka aja gitu pas lihat banyak orang jualan menu takjil untuk buka puasa. Juga lihat jalanan yang rame.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah kita semua masih diberikan nikmat bisa beribadah di Ramadhan 1438H
    meskipun sudah berkeluarga namun momen kebahagiaan saat Tarawih, Cari Menu Buka Puasa jadi hal hal yang selalu menarik.

    BalasHapus
  3. benar ,yang anehnya traweh notabene sunnah malah rame ,,sedangkan yang wajib sepi...

    btw,baju baru gak terlalu ane pikirin :p

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...