16.7.16

Variasi Menu Jamur Tiram


Saat lebaran kemarin, budidaya jamur tiram yang dikelola suami tidak ada yang mengurusi. Orang yang biasanya menjaga di tempat ini sedang mudik dan kebetulan kami sekeluarga berlebaran di Ponorogo. Untung ada ibu dan bapakku yang bersedia memanenkan jamur, padahal lokasinya 17 km dari rumah bapak. Bapak awalnya agak keberatan harus memanenkan jamur, soalnya bapak kurang paham betul lokasi rumah jamur suami. Tetapi setelah aku bujuk dan aku bilang kalau nggak dipanen maka jamurnya bakal jadi penyakit untuk baglog jamur yang ada (telat panen akan mempengaruhi kelembaban dari rumah jamur), akhirnya bapak setuju untuk memanenkan jamur. Jadilah pagi hari di H+2 Lebaran bapak, ibu, dan adekku memanen jamur.

Karena sudah dua hari tidak dipanen, maka jamur yang siap panen menumpuk! Ada sekitar 8 kg jamur yang terpanen pagi itu. Kata ibu jamurnya banyak banget. Rencana awal mau dibuat jamur crispy, tapi gempor dong kalau jamur sebanyak itu dibuat crispy. Siapa yang makan juga nantinya? Akhirnya sama ibu jamurnya dibuat variasi nuget dan bakso, menurutku sih ini variasi  makanan lezat untuk diet sehat. Dengan olahan seperti ini maka jamur bisa disimpan lebih lama di dalam kulkas atau pun freezer.

1. Nugget Jamur Tiram
Pembuatan nugget jamur tiram ini mirip dengan pembuatan nugget pada umumnya. Bahan yang dipakai kemarin sama ibu hanya jamur, tepung terigu, tepung roti, telur, bawang putih, penyedap rasa, dan garam. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Jamur dicuci dan direndam dalam air hangat selama 15 menit. Kemudian ditiriskan dan disuwir-suwir.
  • Suwiran jamur, tepung terigu, telur, bawang putih halus, garam, dan penyedap rasa dimasukkan ke dalam chopper kemudian dicincang sampai rata.
  • Adonan nugget dikukus selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah dingin (dimasukkan ke dalam freezer semalam supaya tekstur lebih kompak), adonan kemudian dipotong-potong.
  • Potongan adonan dilumuri telur dan tepung roti.
  • Goreng. Ready to serve!
Nugget Jamur Tiram
2. Bakso Jamur Tiram
Percobaan ibu bikin bakso jamur tiram sebenarnya belum berhasil karena adonannya hancur saat dimasukkan ke air mendidih. Besar kemungkinan karena tepung tapioka yang digunakan kurang banyak, atau memang sebaiknya harus ditambah daging hewani seperti bakso pada umumnya. Bahan dan cara membuat bakso ini mirip dengan pembuatan nugget jamur tiram, hanya saja ada tambahan tepung tapioka dan pada bakso tidak memerlukan tepung roti. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Jamur dicuci dan direndam dalam air hangat selama 15 menit. Kemudian ditiriskan dan disuwir-suwir.
  • Suwiran jamur, tepung terigu, tepung tapioka, telur, bawang putih halus, garam, dan penyedap rasa dimasukkan ke dalam chopper kemudian dicincang sampai rata.
  • Kukus adonan (seharusnya direbus, tetapi adonan hancur).
  • Bisa langsung dimakan, dicampur ke lauk, atau digoreng untuk camilan.
Bakso Jamur Goreng
3. Lumpia Jamur Tiram
Ini sebenarnya variasi sebagian adonan bakso dengan memanfatkan kulit lumpia sisa. Jadi walau judulnya lumpia, tetapi di dalamnya adonan bakso. #penipuan
Biarin deh, yang penting enak, hihi.
olahan jamur tiram
Lumpia Jamur Tiram
Gegara panen besar jamur kemarin, aku sampai eneg makan nugget dan bakso jamur tiram berhari-hari, haha!
Reaksi:

9 komentar:

  1. Widiih jamuur. Saya suka sekali makan jamur apalagi turunannya.

    BalasHapus
  2. Aq sering banget bikin jamur krispi, mbok klo panen lagi aq diajak mak Dib hahaha

    BalasHapus
  3. Wah resepnya asyik nih :) Mau dicoba ah yg baso dan nugget juga lumpia...rasanya kayaknya mirip2 deh hihi..

    BalasHapus
  4. Wiiiiiiihhhh... Enak ni kayaknya, kak. Nyaaam..

    BalasHapus
  5. 8KG?! Kalo deket, tak sambangi deh.
    Aku termasuk penggemar jamur. Selain salah satu sumber protein yang bebas lemak *takut ndut* hehe. Jamur juga mudah pengolahannya dan bisa jadi campuran aneka masakan.

    BalasHapus
  6. Aku suka jamur, biasanya kugoreng sih mbak.
    Wah penasaran tu lumpiyah isi jamur tiram, wenak kyknya :D

    BalasHapus
  7. Asik ada ide variasi menu mengolah jamur tiram, biasanya cuma digoreng pake tepung crispy

    BalasHapus
  8. mbok ya tanggung jawab aku minta gitu kirimi huhuhuu kan ngecesss

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...