24.6.16

7 Alasan Kenapa Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta Asyik Buat Rekreasi

Museum Pusat TNI AD Wiratama Yogyakarta

Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama yang terdapat di Yogyakarta ini asyik lho buat tempat rekreasi selama liburan. Sayangnya, walaupun lokasinya di pusat kota Yogyakarta, banyak yang belum tertarik untuk masuk ke dalamnya. Padahal ada 7 (tujuh) alasan kenapa museum ini asyik buat rekreasi selama liburan. Berikut ketujuh alasannya:

1. Lokasi Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta strategis di pusat kota.

Lokasi Museum Pusat TNI AD 'Dharma Wiratama' strategis dekat Tugu Yogyakarta dan UGM. Kalau dari bunderan UGM tinggal lurus saja. Karena jalan rayanya searah, sebaiknya lurus terus sampai Toga Mas, lalu menuju arah Bethesda. Sampai di gang keluar Rumah Sakit Bethesda langsung ambil kanan. Museum Pusat TNI AD 'Dharma Wiratama' pas di ujung jalan.
Berikut rutenya di google maps:



2. Tiket masuk Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta ini free alias gratis

Siapa sih yang menolak gratisan? Museum Pusat TNI AD 'Dharma Wiratama' ini gratis. Pengunjung cukup menuliskan nama di buku tamu saja. Walaupun gratis, koleksi museumnya banyak dan terawat loh. Worthed sekali bukan?
Museum Pusat TNI AD Wiratama Yogyakarta
Pintu masuk museum
3. Parkir di Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta juga gratis dan luas

Jangan bingung dengan rombongan parkir motor di depan gedung paling kiri. Sebagian gedung Dharma Wiratama sudah ada yang berubah fungsi menjadi perkantoran. Jadi, pengunjung museum nggak perlu ikut bergerombol di parkiran itu. Cukup parkir di sekitar tank. Lokasi parkirnya cukup luas dan jarang sekali penuh. Paling banter 2-3 mobil dan motor saja yang berjajar.
Museum Pusat TNI AD Wiratama Yogyakarta
Halaman parkir yang luas
4. Koleksi Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta banyak dan lengkap

Koleksi Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama banyak, sampai terdapat lebih dari 20 ruangan untuk menampung seluruh koleksi. Itu masih belum termasuk koleksi yang ada di luar ruangan (di taman). Pokoknya lengkap deh kalau mau belajar sejarah angkatan darat di sini. Koleksi museumnya juga sangat terawat. Dijamin bisa keliling-keliling sampai capek deh di sini. Hehe

5. Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama ini tutup pukul 3 sore, tetapi kalau mau main di halaman museum bisa sampai malam selama pintu gerbang belum ditutup

Selain koleksi di dalam museum, koleksi di luar museum cukup banyak. Ais malah paling senang main alat-alat perang yang terdapat di taman museum ini.
Museum Pusat TNI AD Wiratama Yogyakarta
Spot favorit Ais di taman Museum
Aku kurang paham sih ini sebenarnya boleh menerobos masuk sini atau tidak. Tapi sekitar tiga kali ke museum dalam kondisi museum sudah tutup, Alhamdulillah selalu diperbolehkan masuk sama bapak penjaganya. Berarti nggak apa-apa dong ya?
Jadi, selama kantor sebelah belum tutup, yang berarti gerbang museum juga belum tutup, kita masih bisa masuk dan berekreasi di sekitar museum, Hehe.

6. Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta ini cukup terawat. Jadi jangan khawatir alergi kumat. Bebas debu kok museum ini

Selain museum, gedung Dharma Wiratama ini juga merupakan kantor beberapa pejabat TNI AD. Saat berkunjung kesana sekitar hari Selasa, rupanya sedang diadakan kerja bakti di area museum. Koleksi museum benar-benar dibersihkan secara seksama, plus lantainya dipel sampai mengkilap.
Museum Pusat TNI AD Wiratama Yogyakarta
Museumnya kinclonggg

7. Museum Pusat 'Dharma Wiratama' masih belum terlalu ramai. Jadi bisa seru-seruan maksimal bersama keluarga

Itu yang aku rasakan saat berkunjung bersama Ais. Kita bisa berkeliling museum sepuasnya tanpa khawatir mengganggu. Bahkan ada perpustakaan di lantai 2 museum. Koleksi bukunya sih nggak terlalu banyak. Tetapi sangat lumayan buat mengisi waktu liburan, ya kan? Ada fasilitas musholanya juga lo.
Museum Pusat TNI AD Wiratama Yogyakarta
Perpustakaan di Museum Pusat TNI AD Wiratama Yogyakarta
Museum Pusat TNI AD Wiratama Yogyakarta
Mushola di Museum Pusat TNI AD Wiratama Yogyakarta
Selanjutnya tentang Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta

AYO KE MUSEUM!
Reaksi:

9 komentar:

  1. akkk mau ajak bocah2ku kesiniii makasih sharingnya dibaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok Mak. Sekalian kita kopdar lagih...

      Hapus
  2. Belom pernah ke Museum ini, padahal sering ke kota ini hiks..

    nanti ahh kapan2 mauuu, yuk sambil kopdaar eeaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo. Kopdar di meseum seru kayaknya deh. Hehe

      Hapus
  3. Lagi-lagi Yogyakarta .... Ihwan mau diajak ke sini gak ya? ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok. Nek kopdar tak ajak tour de museum

      Hapus
  4. Jamanku kuliah dulu ada warnetnya cukup ngetop tapi museumnya pernah masuk hahaaa

    BalasHapus
  5. Aku selalu takut kalau masuk ke museum mbak. Soalnya aku mikirnya di dalam museum itu banyak barang bekas dan kuno pasti punya cerita masa lalu. Nanti kalau ada yang gerak-gerak sendiri gimana?. Hehehe. Tapi museum pusat TNI ini kalau dilihat dari foto-fotonya rapi banget ya mbak terus ruangannya terbuka.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...