7.12.14

Passion Blogging

Passion Blogging

Asyik ya kalau bisa melakukan sesuatu sesuai dengan passionnya? Menulis di blog juga begitu. Alangkah bijaknya kalau kegiatan ngeblog nggak semata karena mau mencari uang atau popularitas, tetapi ngeblog sesuai dengan hati nurani. Cie..cie..
Nah, karena itu Qwords dan Kumpulan Emak Blogger mengadakan sebuah acara bertajuk Passion Blogging. Acara ini menghadirkan tiga orang pembicara yang sama-sama ngeblog sesuai dengan passionnya. Pertama ada Mak Injul yang merupakan co-founder Kumpulan Emak Blogger. Mak Injul merepresentasikan golongan ibu yang produktif dan konsisten ngeblog lebih dasri satu dekade. Lalu ada Agus Mulyadi, seorang blogger dan penulis buku yang merepresentasikan anak muda yang ehem, jomblo namun popularitasnya luar biasa. Terakhir ada Tomi Purba yang memang passionnya di SEO, jadi seru banget nih kalau ngobrolin masalah page rank, alexa, algoritma google, dll sama Mas(masih muda sih!) satu ini.

Ketiganya memang benar-benar merasakan manfaatnya passion blogging. Yang penting ngeblog dulu sesuai passion. Eh, kok ya rezekinya datang aja bertubi-tubi gitu. Asyik kan?



Oke..masuk ke acara inti ya. Dimulai dari Mak Injul

Blogging with heart

Gimana kita ngeblog ga hanya konsisten, tapi bisa menghasilkan? Cerita Mak Injul ngeblog pertama kali adalah karena ide buat menuliskan berita-berita video di stasiun TV tempatnya bekerja. Dulu masih awal 2000an, media elektronik masih jarang. Jadi, karena Mak Injul di bagian news, sering tuh dia ditanyain berita sama teman atau koleganya. Sebanyak itu berita dalam video, mana bisa inget dong ya? Makanya Mak Injul kepikiran untuk membuatkan versi tulisan dari berita-berita itu. Sejak 2003, Mak Injul pindah ke bagian IT. Sempet deh buat blogging tentang anak pertamanya, Taruli.
Kesukaan menulis Mak Injul semakin menjadi, pada tahun 2007 Mak Injul mulai menerbitkan buku. Tahun 2011 resign dari stasiun TV, saat itu niatnya mau nerbitin buku, eh kecemplung buat ngeblog. Akhirnya terkenal sebagai blogger.

Manfaat ngeblog:
Rekam jejak kehidupan
Dokumentasi karya
Belajar CMS/html dasar
Pekerjaan lain

Ga ada tuh istilahnya blogger senior, junior, bayaran mahal, marah, dll.. pokoknya pede aja nulis!

Menjadi blogger itu berarti harus:

1. Posting blog, untuk menaikkan visitor. Kalau punya blog tapi nggak diupdate, itu sih sama aja kayak majalah nggak ngeluarin edisi terbaru. Basi! Pasting berkala saja, sekali seminggu atau sekali sebulan cukup lah.

2. Blogwalking, sering-seringlah berkunjung ke blog teman. Ini penting untuk menambah banyak jaringan. Semakin banyak yang bukan follower berkunjung ke blog kita, semakin baik. saran Mak Injul, blogwalking 10 blog setiap hari dan tinggalkan komen disana. Blogger yang baik pasti melakukan kunjungan balik ke teman yang komen

3. Networking. Kita tidak pernah tahu rezeki ngeblog kita. Jadi selalulah menjaga networking yang terbina lewat ngeblog.

Mak Injul punya tips supaya tambah cetar ngeblog.

1. Konsisten update minimal seminggu sekali di hari tertentu. kayak udah dijelasin di atas, jadi kayak majalah gitu deh

2. Blogwalking sehari 10 blog. Selain dapat koneksi, juga dapat ilmu baru. Saat ini buanyak banget blog yang bagus-bagus. Yang bikin Mbah Google tambah keren juga kan karena postingan-postingan bermanfaat di blog kan? Hehe

3. Percantik konten. Buatlah konten semenarik mungkin. Lengkapi dengan gambar visual yang menarik sehingga pembaca tertarik membaca sampai selesai. Perhatikan juga tampilan blog, jangan terlalu banyak iklan dan gambar-gambar nggak penting.

4. Personal taste. Jadilah diri sendiri dalam menulis sebuah artikel. Ciri khas dalam sebuah penulisan biasanya akan membuat pembaca lebih menikmati tulisan kita. Jadi, haram hukumnya kopas-kopasan ya!

5. Maksimalkan sosmed(FB, Twitter, Instagram, Path, Pinterest). Tak bisa dipungkiri bahwa sosmed menjaring banyak pembaca di blog kita. Jadi, maksimalkan kekuatan media untuk membuat brand kita dan blog kita lebih terkenal. Inilah kekuatan viral!

6. Usahakan untuk menjadi key opinion leader, yaitu orang yang memberi pengaruh di komunitasnya. nah kayak Mak Injul dan founder-founder KEB lain makanya blognya cetar banget. Soalnya mereka ini kan sudah jadi key opinion leader di komunitas KEB.

Selanjutnya, Mak Injul bercerita bagaimana menjual blog? perhatikan ketiga hal ini:
1. Ketahui harga blog kita melalui (DA/PA/page rank).
2. Sesuaikan dengan tema blog kita
3. Pahami aturan rate card

Nah, sejujurnya aku belum menjalankan ketiga hal itu. Pernah sih diajarin lihat page rank, tapi setelah itu diapain juga bingung. Sekarang malah udah lupa caranya. Terus masalah tema blog aku juga masih galau, mau fokus parenting, eh kok ya aku juga bukan psikolog. Mau fokus ke bidang pangan, tapi aku nggak suka kulineran, sukanya bahas masalah gizi dan teknologi proses yang kurang banyak peminatnya, belum terlalu expert juga akunya. Nah, dua hal aja belum fix, gimana mau buat rate card? Palingan sih ya sekarang mau maksimalin follower twitter dulu. Biar makin 'viral' blogku.
Mudah-mudahan sih entar blogku bisa secetar indahjulianti.com punyanya Mak Injul.
Dan, selalu ingat tagline Mak Injul ini:

"Blogging with heart, money will follow"

Sesi selanjutnya diisi oleh Agus Mulyadi alias Gus Mul alias Agus Magelangan alias Agus Jomblo. Doi ini lho yang terkenal dengan hobi photoshop foto sama artis. Pokoknya kocak abis. Ga percaya buka aja agusmulyadi.web.id

Bagaimana membuat postingan yang lebih menarik?

1. Gunakan gaya bahasa sendiri. Jadilah dirimu sendiri. Persis sarannya Mak Injul

2. Sesekali cobalah menulis tentang sesuatu yang sedang hangat. Berbicara tentang masalah yang sedang tren di masyarakat biasanya bisa menjaring kunjungan blog yang lebih banyak. Jadi, manfaatkanlah momen yang ada!

3. Sisipkan sedikit humor dalam postingan anda. Biasanya pembaca akan ketagihan membaca tulisan kita kalau tulisannya menarik dan dibumbui hal lucu

4. Tampilan. Buat semenarik dan sesimpel mungkin.
Maksimalkan konten visual!
Manusia lebih mudah memahami visual. gambar menambah selera baca 37%, video 31%.

Setelah puas dibuat ketawa sama kelucuan Agus selama membawakan materi, sekarang agak serius sedikit nih. Ngomongin SEO. Tomi Purba pakarnya nih.

Optimalisasi Blog dengan SEO(search engine optimalization).

Menurut Tomi, banyak manfaat dari mempelajari SEO pada blog, yaitu:
1. Keuntungan popularitas
2. Finansial
3. Kepuasan

SEO satu search engine satu dengan serach engine lainnya bisa berbeda, namun Tomi akan membahas search engine google, secara google rajanya search engine saat ini.
Optimasi search engine dipengaruhi Algoritma. Beberapa algoritma Google antara lain:
1. Google Panda: yang copy paste dihajar
2. Google Penguin: yg backlink2 dihajar
3. Google Hamingbird: maksimalkan google penguin. Unsur suara mulai dimasukkan
4. Google Pigeon: penyempurnaan google hammingbird.

Nah, masalah algoritma aku masih belum jelas, dan belum berniat memahami lebih dalam. Soalnya, buat konten menarik aja udah nguras pikiran, mana kepikiran belajar algoritma segala. Hiks

Kita lewatkan masalah algoritma, dan sekarang fokus ke masalah optimasi blog. Ada dua cara optimasi, yaitu on page optimazation dan off page optimization:

1. On page optimization

Keyword. Perhatikan kata kunci yang dibidik.

A. Masukkan di judul(maksimal 70 karakter)
B. Meta konten/description(keyword di 140 karakter pertama artikel),
C. Keyword di konten (ideal 250-500 kata, ulangi kata kunci 3-5 kali, no copas),
D. alt image(tulisan pada gambar di blog kita, jadi kalau gambar ga ke-load, google tetap bisa baca di alt image kita)

2. Off page optimization
Off page optimization ini mirip sarannya Mak Injul sih. Yaitu:

A. Blogwalking
Blog comment. Cari blog dofollow dengan pagerank tinggi

B. Sosial networking
Submit artkel ke berbagai sosmed fb, twitter? Google+? Plurk, linkedIn. Semakin banyak yang buka maka SEO blog meningkat.

C. Link building
Membuat blog bayangan yang berfungsi kualitas website utama.

Kalau mau banyak belajar tentang CEO. Klik aja tomipurba.net

Selanjutnya masuk ke Sesi Pertanyaan.

1. Bagaimana membina hubungan dengan pemberi job review?
Menurut Mak Injul, tawar harga setinggi-tingginya. Toh nanti ditawar. Kalau brand ga balik lagi, ya anggap saja belum rezeki.
Buat laporan, berapa view selama seminggu, sebulan.

2. Bagaimana menyisipkan selera humor?
Menurut Gus Mul, lihat peristiwa menarik di sekitar. Catat. Ada bahan lucu, baru dibuat postingan, bukan dipaksa disisipkan pada artikel yang serius.

3. Bagaimana untuk mengetahui blognya dofollow atau nofollow?
Saran Tomi, caranya instal program add on SEOquake, kalau nofollow nanti yang komen ga bisa masuk serach engine. Kalau mau optimasi pengunjung, ya disetting dofollow, tapi resikonya bakal masuk banyak spam. *aku sih ogah deh.

4. Bagaimana caranya jadi buzzer di twitter?
Menurut Mak Injul, Berapa follower ga penting, yang penting berapa follower yg retweet(viral). Pelajari twitdeck or hot suite untuk memanage postingan twitter. Perhatikan klausul MOU! Jangan sampai terjebak dengan target-target yang mungkin sulit tercapai.

5. Penerbit indie atau mayor?
Menurut Gus Mul, masing-masing penerbit mempunyai kekeurangan dan kelebihanya masing masing. Keuntungan buku indie lebih besar, cuma memang peredarannya tidak terlalu luas. Sebaliknya, penerbit mayor hanya memberi royalti sedikit pada penulis, namun peredarannya luas. Saran Gus Mul sih buka toko buku aja, sebab toko buku dapat persenan paling banyak dari penjualan buku.

Jadi. Ngeblog bukan sekedar menulis atau menaikkan page rank. Passion blogging membuat kegiatan ngeblog menjadi menyenangkan dan bermanfaat buat orang lain.
Reaksi:

12 komentar:

  1. apik mak Diba, on page optimizationnya bisa dicoba nih, tapi utk BW ke 10 blog tiap harinya belum sanggup kayaknya...

    BalasHapus
  2. Makasih mak diba udah di tag. Ilmunya manfaat bgt:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo manfaat. Sun buat Tayo

      Hapus
  3. makasih mak sharingnya,mantaph..hari ini saya udah bewe 30an hehehe..mumpung ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren Mak..aku 10 blog aja susye..keep blogwalking Mak Caem

      Hapus
  4. Yg bagian seo msh blm ngeh blas. Klo apdet postingan, sikon terburuk.berusaha minimal 2 post tiap bulan. Nah kalau BW ini yg ngedrop habis. Utk bewe 10 per day, belakangan ini susah ( bukan tidak ingin bewe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. puk..puk Mak Rie..aku pun juga begitu Mak

      Hapus
  5. komplet mak, ngga jadi ikut acara inii hiks..menarik yang ttg keyword, coba dipraktekin aahh..nuhun pisaaan

    BalasHapus
  6. Udah tiga minggu aku praktekin resep Mba indjul BW and komen 10 blog per hari, Alhamdulillah, memang peningkatannya signifikan..:)

    BalasHapus
  7. Yak dan aku tetep nggak mudeng SEO heheheee..... Thanks reviewnya lebih lengkap dr aku jadi bisa baca.

    BalasHapus
  8. hai Mba jadi belajar lagi mengenai blog, sudah lama enggak ngeblog. Agus Mulyadi itu lucu kek tulisannya yaaak

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...