8.10.14

Lestarikan Minuman Tradisional Indonesia: Progress Jogja di Gelar Produk UKM DIY

Tanggal 24 sampai 28 September 2014 Desperindakop Yogyakarta mengadakan acara "Gelar Produk UKM DIY" . Berbagai UKM berkumpul disini. Rata-rata UKM pangan nih. Ada tiwul, snack, bakpia, terus ada berbagai jenis jamu, kopi luwak, minuman sarsaparila, dan minuman tradisional jawa.

Aku tertarik pada satu stand, stand tersebut diisi oleh kakak tingkatku S1. Nggak nyangka produk makanan dan minuman yang diproduksinya makin variatif. Progress Jogja namanya. Sudah pada tahu? Mbak Retnosyari yang punya. Dari zaman aku kuliah memang Mbak Syari ini aktif sekali kegiatan wirausaha.

Produknya adalah makanan dan minuman tradisional. Makanan berupa chips dari jagung(tortila) dan umbi-umbian. Minuman tradisional sangat variatif antara lain, wedang uwuh, bir mataram, kunyit asam, secang wangi, jakencruk, dll. Semua produknya masih berwujud asli, tetapi dikeringkan. Biar awet katanya.
Aku penasaran dengan wujud minuman eksotis ini? Semua varian aku borong dan aku nikmati dengan cara...MEMFOTONYA dan pamer ke blog ini. Eits, bukan sembarang pamer. Tapi buat dokumentasi, soalnya sebagai 'anak kota' aku malah norak lihat minuman tradisional begini. Pssst, harganya serba dua ribu per bungkus, lumayan murah kan?

Produk Instan

Serbuk daun sirsak instan. Rasa langu daun, aroma pahit,tapi tidak ada rasa pahit karena kandungan gula tinggi. Warna khas jamu godok, hijau tua. Kelarutan tidak terlalu bagus.

Bir mataram. Kelarutan baik. Warna kuning cerah. Aroma jeruk nipis, kayumanis, cengkeh, kapulaga dan akar alang2 kurang terasa. Mirip wedang jahe cuma tidak terlalu pedas.

Kulit manggis Instan. Kelarutan kurang baik. Kulit manggis tidak berasa. Rasanya dominan rasa manis saja. Hm, pantas saja ekstrak kulit manggis menjadi kabar gembira untuk kita semua! Karena kulit manggis memang kurang enak untuk dibuat minuman.

Wedang uwuh instan. Paling top, aroma secang dan jahe ngeblend sempurna. Ini produk awalan Progress Jogja, jadi sudah banyak improvment pastinya.

Nah, ini dia penampakan berbagai serbuk instan Progress Jogja


Seduhan dari bahan asli. Walaupun sudah dikeringkan, aromanya tetep jossss! Cara menikmatinya adalah dengan menyeduhnya dengan air panas. Lebih mantap kalau diseduh dalam air mendidih. Hm...

Kunyit Asam Jahe, minuman menyegarkan perpaduan asam, kunyit, jahe dan gula batu yang mantap.


Wedang Uwuh, Arti uwuh dalam bahasa Jawa adalah sampah, karena memang mirip sampah dedaunan. Tapi ini sampah dedaunan yang enak, terdiri dari kayu secang, daun secang, jahe, kapulaga, sereh, kayumanis, sereh, jintan, 


Bir Mataram. Minuman bir tanpa alkohol. Dijamin nggak bikin mabok. Ramuannya adalah jahe, sereh, kapulaga, kayu manis, cengkeh, akar alang-alang, dan jeruk nipis.


Jakencruk. Singkatan dari jahe kencur dan jeruk(nipis). Sangat menyegarkan dan berkhasiat melegakan tenggorokan yang sedang radang.



Seduhan minuman tradisional Indonesia yang eksotis dan menenangkan.


Wanna try? Just call at 0818 263 081 
Reaksi:

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...