6.2.14

Refleksi Buku: Ketika Mulut Terkunci-Siti Nurlaela

Ada aja petunjuk Allah buatku. Kali ini lewat buku yang menceritakan sahabat (termasuk tentang putri dan paman Nabi Muhammad SAW) Nabi. Betapa aku jadi menyadari kalau aku masih jauh dari sempurna di hadapan Allah SWT. Sedekahku kurang, amalanku kurang, keikhlasanku juga kurang. Subhanallah membaca perjuangan orang-orang yang beriman pada Allah SWT di zaman Jahiliah. Ah, menyesal dan merasa kurang saja tidaklah cukup. Harus ada actionnya dong. Ya Allah berkahilah jalanku untuk senantiasa 'berjihad' dengan peran dan kapasitasku. Aamiin.

Subhanallah, benarlah kesederhanaan membawa kecukupan dan kebahagiaan. Alhamdulillah aku termasuk orang yang kecukupan, tapi aku selalu merasa kurang dalam berbagi. Aku merasa diriku ini sosok yang pelit. Ya Allah. Maafkan hambaMu ini. Astaugfirullahaladzim. 
Bahkan Ali dan Fathimah saja ketika nazar berpuasa hanya sahur dan berbuka dengan air putih selama tiga hari berturut-turut karena harus menyantuni tamu yang kelaparan. La aku puasa senin-kamis aja masih mbuh-mbuhan. Sedekah juga jarang-jarang. Payah, payah. 

Ini ada beberapa quote keren yang aku abadikan dari buku ini:

Alangkah buruknya 
orang yang menyembah Allah karena mengharap surga dan ingin diselamatkan dari api neraka 
seandainya surga dan neraka tidak ada 
apakah engkau tidak akan menyembah-Nya? 

Aku menyembah Allah 
karena mengharap ridha-Nya. 
Nikmat dan anugerah yang diberikan-Nya sudah cukup menggerakkan hatiku 
untuk menyembah-Mu. 

(Rabiah Al-Adawiyah) 

Dan perumpamaan orang2 yang membelanjakan hartanya karena mencari keridaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat. (Al Baqarah 265) berpikirlah terus, bagaimana caranya agar amal kita diterima Allah. Tidak usah mengharap balas jasa, pujian, atau keuntungan sesaat. Ketahuilah, hari ini adalah hari Allah. Tidak boleh ada kesombongan dan sikap yang melampaui batas. Ikhlaskan niat kalian untuk berhijad dan carilah rida Allah dengan amal kalian(Khalid bin Walid menjelang perang Yarmuk) 

Keterangan buku
Penulis : Siti Nurlaela
Kode buku : 41101130004
Ukuran : 13.5 x 20 cm
Tebal : 168 halaman
Cover : Softcover
Tahun Terbit : Februari 2013
ISBN : 978-979-22-9202-2
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...