29.12.13

Hamil di Luar Kandungan

Sore itu, tanggal 24 Desember 2013, grup WA rekan kantor langsung heboh dengan berita duka meninggalnya salah satu teman kita. Teman kerja sekaligus adek kelas kuliahku ini meninggal gara-gara hamil di luar kandungan hamil di luar kandungan. Langsung deh searching tentang hamil di luar kandungan. Penyebab dan solusinya.
Jakarta - Hamil di luar kandungan adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim. Biasanya terjadi di saluran tuba, tempat produksi sel telur (ovarium), leher rahim (serviks) dan janin hanya bisa bertahan selama trimester pertama. Apa saja ciri-ciri hamil di luar kandungan? Kehamilan yang normal adalah pertemuan antara sel telur dan sperma yang terjadi di saluran telur yang setelah pembuahan terjadi seharusnya berjalan menuju rongga rahim "Tapi pada kasus hamil di luar kandungan, hasil pembuahan ini tidak bisa mencapai rahim atau macet dan menetap di saluran telur," ujar dr Kanadi Sumapraja, SpOG, MSc disela-sela acara konferensi pers Inovasi Bidang Reproduksi di Klinik Yasmin Kencana RSCM, Jakarta, Selasa (13/4/2010).
Di awal-awal kehamilan, tidak ada tanda khusus seorang perempuan hamil di luar kandungan dengan perempuan yang hamil normal. Tanda-tandanya tetap sama seperti terlambat menstruasi, mual, morning sickness dan pada tes kehamilan juga menunjukkan tanda positif. Ciri hamil di luar kandungan baru terlihat ketika:
1. Keluhan rasa nyeri yang hebat di perut bawah
2. Terjadi perdarahan dari vagina atau ada bercak-bercak perdarahan, sementara pada hamil normal perdarahan yang terjadi hanya flek-flek sedikit.
3. Gejala tersebut terasa karena dinding di saluran telur pecah, tapi jika belum pecah satu- satunya cara untuk memastikan hamil di luar kandungan adalah pemeriksaan USG. dr Kanadi mengatakan kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik) hanya bertahan selama 5-10 minggu saja. Kehamilan seperti ini tidak bisa diselamatkan sehingga sering dikatakan keguguran. Ketika jaringan dari embrio yang masuk ke dalam saluran telur makin berkembang akan membuat saluran telur membesar. Kondisi ini akan menyebabkan dinding dari saluran telur tersebut melemah dan bisa menyebabkan pecahnya saluran telur yang ditandai dengan perdarahan. "Biasanya pasien akan datang dengan keluhan rasa nyeri yang hebat dan perdarahan dari vagina atau ada bercak-bercak perdarahan, kondisi ini biasanya terjadi saat usia kehamilan trimester pertama atau masih hamil muda," tambahnya.
Penyebab hamil di luar kandungan adalah:
1. Adanya infeksi di daerah sekitar panggul
2. Adanya kerusakan di saluran telur yang membuat embrio tidak bisa menuju ke rahim.
3. Pada beberapa kasus kemungkinan disebabkan adanya kesalahan salah satu jenis hormon pengaturan yang berperan dalam hal ini sehingga membuat perjalanan hasil pembuahan menjadi tidak lancar. "Semua perempuan berisiko mengalami kehamilan di luar kandungan, tapi perempuan yang rentan terkena atau memiliki infeksi lebih berisiko mengalami kehamilan seperti ini," ujar dokter yang berpraktek di RSCM ini. Pengobatan yang diberikan untuk pasien dengan kasus kehamilan di luar kandungan biasanya melalui operasi untuk mengangkat sebagian atau keseluruhan saluran telur yang pecah tersebut dan dibersihkan hingga tak ada jaringan yang tertinggal. Jika hanya salah satu saluran telur yang diangkat, maka perempuan tersebut masih memiliki kemungkinan untuk hamil kembali dan melahirkan normal. Tapi jika kondisi ini telah membuat kedua saluran telur diangkat, maka perempuan tersebut sudah tidak bisa hamil kembali atau menjadi infertil.
http://m.detik.com/health/read/2010/04/14/104313/1337906/764/2/ciri-ciri-hamil-di-luar-kandunganhttp://m.detik.com/health/read/2010/04/14/104313/1337906/764/2/ciri-ciri-hamil-di-luar-kandungan

Jujur, aku menganggap hamil di luar kandungan adalah masalah kehamilan biasa. Jangankan berakibat kematian, aku pikir ga sakit sama sekali, cuma pas USG janin ga ada, terus kuret. Gitu doang. Soalnya mbak ipar dan tetangga ada yang hamil di luar kandungan begini dan baik-baik saja. Tetanggaku bahkan langsung bisa beraktivitas satu minggu pasca kuret. Jadi, sebelum kasus temenku ini, aku masih menganggap sepele masalah hamil di luar kandungan.
Yah, semua masalah kandungan memang berakibat fatal kalau sudah 'pendarahan'. Kehamilan etopik ini tentu sangat beresiko pendarahan, karena sel telurnya kan nempel di tuba falopi dan bikin bengkak saluran tersebut. Kasusnya temenku, penanganan dokternya terlambat, karena dalam perjalanan menuju rumah sakit, dia sudah keburu kehabisan darah. Oh ya, perjalanan ke rumah sakit itu memakan waktu 2.5 jam. Waktu yang cukup lama untuk sebuah kondisi darurat. Apapun yang terjadi, beginilah kalau Allah sudah berkehendak. Berarti Allah sangat sayang dia, makanya umurnya sebentar. Semoga suami dan keluarga yang ditinggalkan bisa bersabar. Insya Allah engkau khusnul khatimah teman. Aamiin.

Kasus ini mengigatkanku untuk selalu bersyukur. Bersyukur karena hamil Faris dulu benar-benar mulus. Namun aku tidak boleh menjadi sombong dan menganggap sepele momen kehamilan. Aku kembali diingatkan bahwa hamil dan melahirkan adalah jihadnya wanita. Oleh sebab itu, sangat penting buat mengecek kondisi janin dan menjaga kondisi kehamilan. Sekecil apapun masalah jangan anggap remeh. Flek darah sesedikit apapun harus dicek, apalagi kalau sudah bercak darah. Ga ada salahnya USG sedini mungkin, walaupun janin belum kelihatan. Daripada terlambat penanganan seperti temanku ini. Hamil baru sebulan, tiba-tiba mengeluh sakit perut. Eh, Qodarallah belum sempat ditangani dokter kandungan, rupanya Allah lewat malaikat Izrail sudah menjemputnya. Subhanallah, terima kasih telah Kau ingatkan aku dari kesombonganku, kebanggaan semuku saat dulu hamil Faris. Maafkan aku ya Allah. Semoga keluarga temanku selalu diberikan ketabahan dan kesabaran dengan cobaan ini. Aamiin.
Reaksi:

2 komentar:

  1. Kehamilan diluar kandungan atau Kehamilan Ektopik memang sangatlah menakutkan karena tindakan operasi yang harus di lakukan adalah dengan cara kuret. maka dari itu sebelum penyakit ini bertambah parah, sebaiknya anda sesegera mungkin datang ke rumah sakit agar dapat perawatan yang intensif. Kenali juga gejala-gejala awal kehamilan di luar kandungan dan cara memberikan perawatan sebelum berangkat ke rumah sakit…

    BalasHapus
  2. Beli obat penggugur kandungan dengan tuntas serta murah yang kami jual adalah solusi terbaik dalam mengatasi telat bulan dengan aman dan tanpa efek samping.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...