18.11.13

Kisah Sepasang Merpati

Indian folktale in little fable on Jim Jam
Sepasang merpati bahu membahu mengumpulkan bijian untuk persediaan makanan mereka. Si jantan kemudian meminta si betina untuk menjaga bijian yang sudah dikumpulkan, karena jantan khawatir bijian itu akan dicuri. Selanjutnya jantan kembali mencari bijian dan betina sendiri menjaga bijian yang sudah dikumpulkan.

Tiba tiba hujan turun. Betina pun kebingungan karena bijiannya nanti basah kena hujan. Akhirnya betina mendapat ide untuk menyimpan bijian di dalam lubang pohon. Jadi sangkar yang semula penuh bijian seketika kosong melompong.

Jantan pun kembali ke sangkar dengan membawa banyak bijian. Alangkah terkejutnya dia mendapati sangkarnya kosong, jantan lalu marah besar. Sebelum si betina memberikan penjelasan, jantan sudah membobardir betina dengan omelan. Akhirnya jantan capek mengomel, barulah betina menjelaskan kalo bijiannya ia sembunyikan di lubang pohon. Semua bijian masih utuh dan tidak basah. Jantan menjadi malu dan meminta maaf pada betina. Untung betina mau memaafkan jantan yang langsung marah marah tanpa mau mendengarkan penjelasan si betina.
gambar dari google

Pesan moral: jangan terburu marah bila seseorang tidak mematuhi perintah sama persis dengan instruksi karena boleh jadi hal yang dia lakukan lebih baik dari instruksimu. Yang penting tujuannya sama
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...