10.5.14

Jurnal Faris: Sholat Yuk..

Faris sedari bayi aku kenalkan sholat. Bahkan Faris kadang kugendong pas sholat kalo lagi ga tidur, soalny kl ditinggal kadang suka nangis meraung2. Alhamdulillah Faris suka sekali denger azan. matanya terpaku kalo denger azan di tv. Kadang niruin 'Auohabah', sambil aq ikutin Allohuakbar.. Sesudah lancar jalan, sholatnya mood2an..kadang lari kesana kemari, kadang nangis kejer minta digendong. Pertamanya sih kalo nangis tak biarin. Maksudnya biar ngerti kalo ibunya solat dia harus anteng, tapi ternyata nangisnya tambah kenceng smbil narik2 mukena. Jadi ga konsen dah sholatnya, ujung2nya aku luluh gendong dia. dan ternyata, setelah sharing di grup preschool, ternyata banyak ibu2 yang bernasib sepertiku, katanya tetep digendong aja, jgn sampe krn ngebiarin nangis,anak jadi berpikiran negatif sm ibadah sholat. dan seiring waktu anaknya bakal ga mau digendong lagi n bisa diajak berjamaah. Alhamdulillah, aku jadi semakin menikmati 'kemanjaan' Faris, menikmati setiap rengekannya..mudah2an aku bisa jadi ibu yang penuh kasih sayang tapi juga tegas..aamiin..susye deh booo.. 

update:14 Agustus 13 
Alhamdulillah Faris semakin pintar. sekarang di usia 21 bulan udah hampir ga pernah minta gendong. kadang2 ngikutin gerakan solat seperti angkat tangan dan sujud, walo lebih banyak mondar mandirnya. Yang lucu,kalo disuruh salim habis solat, pasti banyak gaya..pura2 ga denger,asyik mainan mobil, ato bahkan lari menjauh.. itu dilakukan sambil ketawa. hadeeh.. kecil2 dan 'celelekan'.. Nurun ortune persis. Tapi endingnya selalu salim juga.. memang kalo sama anak kudu woles n jgn alay..hihi..

update: 28 september 13

Belum banyak perkembangan sholatnya Faris. disinilah konsistensi sebagai orang tua diuji. Ayah mulai tegas Faris ga boleh mainan mobil kalau lagi sholat. bukan apa2,kalo keasyikan mainan mobil jadi ga mau ngikutin gerakan sholat. Alhamdulillah walo gerakannya masih didomonasi tiduran di sajadah, tapi lumayanlah..hehe

update: 24 Maret 2014
Mengajarkan sholat sejak dini ke balita memang ga gampang. Selain perlu konsisten juga perlu jaga emosi. Salah-salah malah sholat ga khusyuk.
Yang paling heboh adalah sholat isya malam ini. Ayah sengaja menyimpan mainan Faris biar Faris mau diajak sholat. Tapi namanya anak-anak. Mainan disimpan gitu doi ga kehabisan akal. Naiklah dia ke atas kursi dan jinjit-jinjit ambil mainan di atas lemari.
Horor dong? Banget. Ngeri juga kalau jatuh. Tapi  sebagai emak cool, tetep aja asoy sholat berjamaah sama ayah. Ternyata horornya berlanjut! Faris nemu steker, dimatikanlah lampu. Wah, gelap! super horor. Tapi lagi-lagi kami tetap sholat. Alhamdulillah empat rekaat itu bisa selesai dengan baik.

update 8 Mei 2014
Faris lagi senang sholat pakai sarung instant yang dibelikan akung. Kesadaran buat sholat tertib memang belum, tapi Faris sekarang selalu bilang 'amin' saat Al-Fatihah selesai dibacakan. Yang bikin lucu, saat sholat Faris pasti main mobilan sambil tiduran, nah saat Al-Fatihah selesai, Faris pasti ambil posisi berdiri dan ikut mengucap 'amin'
Reaksi:

2 komentar:

  1. hehehe ada-ada aja tingkah laku anak-anak, ya :D

    BalasHapus
  2. maak..maukah terima liebster award dariku ? http://supertayo.blogspot.com/2014/05/liebster-award-dariku-untukmu.html

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...