18.6.20

Resume Buku Gastronomi Indonesia Jilid 1


Judul: Gastronomi Indonesia Jilid 1
Penulis: Murdijati-Gardjito, Retno Indrati, Andreas Maryoto, dan Nurullia Nur Utami
Penerbit: Global Pustaka Utama Yogyakarta
Halaman: 314 halaman

Gastronomi Indonesia jilid 1 adalah buku pertama dari dua jilid seri Gastronomi Indonesia. Penulis utamanya adalah dosenku kuliah dulu (FTP UGM). Kalau dikira buku ini macam textbook, itu salah! Buku ini asyik dibaca dan rasanya seperti sedang mendengarkan nenek mendongeng (emang Bu Mur ini udah sepuh banget. Matanya sudah nyaris buta, tapi masih aktif nulis. Luar biasa!)
Diawali dengan menjelaskan apa itu gastronomi, buku jilid pertama lebih menekankan soal kekayaan alam (biodiversity) bumi Indonesia, bagaimana masyarakat memperoleh dan menggunakannya hingga menjadi kebiasaan makan yang membentuk pola makan bangsa. Selanjutnya pembaca akan dibuat menyadari bahwa banyak tradisi masyarakat yang dilakukan turun menurun adalah contoh gastronomi Indonesia. Puasa mutih mengandung makna untuk mencegah hipertensi, tradisi masuk hutan dan memakan hasil hutan saat ini dikenal dengan diet raw food. Fungsinya untuk detoksifikasi. Tata cara penyimpanan agar bumbu lebih awet, air lebih segar, dan lainnya.

Bab ketiga buku kemudian menceritakan sejarah bahan pangan di Indonesia, mulai dari sejarah rempah yang saat itu jadi incaran penjajah sampai peralatan makan dari masa ke masa. Bab keempat bercerita tentang penciri gastronomi Indonesia, yaitu kelapa dan produk kelapa, tempe, serta lima serangkai sahabat rakyat (lalap, sambal, kecap, krupuk, dan ikan asin). Langsung auto ngiler membayangkan bahan-bahan makanan itu. Bab tentang penciri gastronomi Indonesia ditutup dengan olahan makanan fermentasi asli Indonesia seperti dadih, tape, dan brem.

Bab kelima adalah bab terakhir dari buku ini. Membahas tentang makanan utama masyarakat Indonesia. Beras tentu menjadi makanan pokok utama, berbagai varietas serta olahan beras di tanah air dijelaskan disini. Selain beras, ada penjelasan mengenai jagung, singkong, ubi, sagu, sukun, dan pisang.

Gimana? Jilid 1 ini komplit banget membahas sejarah dan keanekaragama gastronomi Indonesia. Pada jilid berikutnya akan dibahas mengenai proses pengolahan terhadap citarasa makanan Indonesia. Soal fisikomia makanan akan dibahas di jilid 2 buku gastronomi Indonesia. Tunggu di postingan selanjutnya.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...