Stimulasi si Kecil untuk #PintarnyaBeda

Satu-satu kuatnya anakku    Dua-dua juga hebat akalnya   Tiga-tiga dekat dengan semua   Satu, dua, tiga, pintarnya memang beda.. ...

10.12.16

5 Tips Membina Rumah Tangga Harmonis

Rumah tangga harmonis (mari-bicara)

Membina rumah tangga yang harmonis adalah idaman semua orang. Namun membina rumah tangga yang harmonis tidaklah mudah, karena pada dasarnya membina rumah tangga adalah menyatukan dua kepribadian yang berbeda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membina rumah tangga agar senantiasa harmonis. Berikut beberapa tips rumah tangga agar senantiasa harmonis.

1. Rutin menjalin komunikasi
Dalam sebuah hubungan, komunikasi adalah kunci utama. Baik itu hubungan suami istri maupun hubungan sebagai rekan kerja. Dengan komunikasi yang baik, maka akan meminimalkan salah komunikasi.

Rutin menjalin komunikasi dengan pasangan tidak berarti kita harus senantiasa menghubungi pasangan. Akan tetapi buatlah jadwal rutin untuk berbincang dengan pasangan. Bisa di malam hari sambil bersantai setelah pulang kerja, atau buat yang terpisah jarak bisa memanfaatkan instant messaging seperti WA, Line, atau Telegram.

2. Bersikap terus terang dan terbuka dengan pasangan
Selain rutin menjalin komunikasi, isi dari komunikasi itu juga penting. Hendaknya kita senantiasa jujur dengan pasangan. Istilahnya "jangan ada dusta di antara kita", karena ketika sudah memutuskan untuk berumah tangga, itu berarti sudah mempercayakan sepenuhnya hidup kita dengan pasangan. Kalau tidak mampu bersikap terus terang, jangan heran kalau rumah tangga tidak bisa harmonis.

3. Menghargai pendapat pasangan
Pasangan kita adalah orang yang berbeda dengan kita. Latar belakang keluarga maupun pendidikan mungkin berbeda. Cara pandangnya terhadap suatu masalah dapat saja berbeda dengan kita. Walau pun kita merasa pendapat kita benar, tetapi jangan pernah menyalahkan pendapat pasangan. Tetap hargai dan hormati pendapat pasangan kita. Dengan begitu, pasangan juga akan menghargai pendapat kita.

4. Quality time yang cukup
Hubungan harmonis tidak bergantung pada seringnya waktu komunikasi. Lebih dari itu, kualitas komunikasi juga mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Percuma kan sering berkomunikasi tapi selalu bertengkar? Cara menjalani quality time yang baik dapat dimulai dari rutinnya berkomunikasi, bersikap terbuka dengan pasangan, dan menghargai pasangan.

5. Manajemen keuangan yang baik
Poin terakhir ini memang seperti tidak ada hubungannya dengan keempat poin sebelumnya. Akan tetapi manajemen keuangan yang baik adalah kunci keharmonisan rumah tangga. Ternyata, pada banyak kasus perceraian, penyebab utamanya adalah masalah ekonomi. Hal ini membuktikan bahwa setiap pasangan haruslah memiliki manajemen keuangan yang baik agar 'tangguh' mengarungi biduk rumah tangga. Setuju?

Lima tips diatas adalah tips sederhana yang terbukti ampuh dalam menciptakan hubungan rumah tangga yang harmonis. Silahkan dicoba.
Reaksi:

7 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...