31.8.15

Dirty Little Secret di Tetes Darah Solidaritas

Sebenarnya malu juga nulis tentang ini di postingan blog. Tapi namanya sesuatu yang berkesan tentu nggak ada salahnya diceritakan, ya kan?

Jadi ceritanya hari minggu tanggal 30 Agustus 2015 ini ada acara donor darah dalam rangka hut Kompas. Dengan suka cita aku daftar via online dan tak saba menanti hari H.


Hari yang ditunggu tiba, ternyata pas itu aku datang bulan. Pastinya aku nggak bisa donor darah dong, tapi karena panitia acara teman sendiri, dan katanya di acara donor darah ini bakalan ada talkshow yang membahas tentang Thalasemia, makanya aku bela-belain dateng ke acara. Sampai di lokasi aku nggak mau pulang dengan tangan hampa dong. Aku juga penasaran pengen tahu HB ku, akhirnya aku menutupi kondisiku.

Aku yakin banget, HBku pasti rendah. Tapi ternyata, hasil pemeriksaan menunjukkan aku lolos screening donor darah. Aku seneng dong, cerita deh ke temenku yang panitia acara (Mak Rian). Nah, karena dia tahu banget aku lagi dateng bulan, dia malah yang jadi kebingungan dan gimana caranya formku harus ditulis: DITOLAK. 

Selesai Mak Rian spoke2 sama petugas PMI-nya, akhirnya aku dipanggil dan dinasehatin, besok lagi nggak boleh bohong begini. Segini niatnya aku pengen donor darah, padahal siapa yang tahu kalau nanti bisa membahayakan diriku sendiri? Terima kasih Allah, lewat Mak Rian aku disadarkan akan kebodohanku. Sampai sekarang masih terngiang-ngiang kebodohan sekaligus kenakalanku ini, hiks. Benar-benar merasa bersalah karena gara-gara aku tadi beberapa panitia jadi rempong buat sesuatu yang nggak penting. Big sorry to all of you, hiks.

Selain merasa bersalah, terus terang aku juga masih heran, kok bisa ya hb-ku tinggi paslagi datang bulan? Padahal dari tahun 2009 aku nyoba donor darah gagal terus karena hb rendah, pas itu ya nggak kurang tidur, jarak menstruasi juga cukup. Ternyata pas seminar thalasemia, ini sempet dibahas. Katanya penyebab tingginya hemoglobin adalah sebagai berikut:
1. Tubuh cukup istirahat, karena regenerasi hemoglobin terjadi pada saat tidur. (Sebelum cek hb memang aku sempat bobok siang dulu.
2. Tubuh kurang cairan sehingga darah kental, hb jadi terhitung banyak.(Wah, apa iya ya? Memang kayaknya pas tadi lagi haus sih, wkwkw)

Tapi paling nggak pengalaman tadi bikin aku optimis, besok lagi aku pasti bisa donor darah. Pastikan diri cukup istirahat, mungkin minum penambah darah juga biar marem, hehe, In sya Allah kesemoatan selanjutnya aku bisa donor darah. Aamiin.

Thanks buat hari ini, dapat ilmu baru plus goodie bag, hihi!
Foto pake frame biar kekinian
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...