26.7.15

Review Buku: Keluarga Super Irit

Kemaren pas hangout(ecie hangout bo istilahnye) sama sohib-sohib zaman kuliah. Sesorean nongkrong di mall, akhirnya sebelum pulang aku mampir dulu ke toko buku. Mo cari buku? Nggak juga. Cuma pengen baca buku gratisan aja. Wehehehe.

Eh, tiba-tiba mataku nyangkut sama sebuah komik edukatif berjudul 'Keluarga Super Irit'. Wah, ini sih aku banget. Langsung aku baca deh isinya. Memang banyak tips berhemat yang masuk akal, belum bisa diterapin di Indonesia, sampai yang nggak banget (agak 'menjijikkan). Nah, beberapa tips yang sempet aku catet (nggak semua) adalah sebagai berikut:

1. Air cucian baju bisa buat ngepel n hilangin noda di lantai (kagak berani nyoba, takut Ais kepeleset pas aku ngepel, kan pasti licin banget bekas sabun gitu)

2. Tampung air bekas cuci muka untuk mencuci baju atau menyiram tanaman (siap2 nampung air wudhu)

3. Beri tatakan pada bagian bwah pot bunga, biar kebutuhan air bisa dihemat, karena ditampung di atas tatakan.

4. Air bekas merebus mi buat ngilangin lemak pada cucian piring (penjelasan ilmiahnya masih belum nemu. Terus karena jarang masak mi instan jadi belum coba cara ini)

5.Susu basi buat pupuk. Encerin 1:10.(dulu malah aku nyiram tanaman pake sisa ASIP Ais)

6. Roti kadaluarsa pemburu bau.(daripada beli penyerap bau khusus, bisa coba pake ini ni. Terutama buat kulkas yang biasanya baunya aduhai)

7. Kulit jeruk pelembut pakaian.(wow, ternyata selain bisa buat mencuci piring, bisa buat pelembut pakaian nih. Tapi lebih wirthed buat cuci piring menurutku. Wehehe)

8. Air cucian beras pemoles lantai.(kayaknya bakal dicemberutin tante kalo aku nyaranin ngepel pake air cucian beras. Wkwk)

9. Beban berat menambah bahan bakar.(ternyata semakin penuh isi mobil, makin boros bahan bakarnya. Taoi sepertinya sih tidak terlalu signifikan)

10. Manasin kendaraan jangan lebih 2 menit.(aku malah seminggu sekali nggak mesti manasin motor. Wkwk)

11. Jangan suka rem mendadak. Borosin bahan bakar dan memperpendek usia mesin.(aku sih pake paham biar lambat asal selamat di jalan, jadi jaraang banget ngerem mendadak dan nglakson-nglakson di jalan).

12. Cabut steker hemat listrik 10%.(sekarang nggak lagi-lagi ngebiarin charger HP bertengger di steker).

Buku ini berseri-seri. Kemarin lihat ada seri kelima. Seru deh isi bukunya. Cuma ini buku bukan karangan orang Indonesia, jadi tipsnya kadang nggak sesuai sama realita di Indonesia. Mending komik Mak Irits deh, lebih murah n sesuai relalita kita. Memang sih tipsnya gak sebanyak buku ini, bisa lah beberapa tips dari buku ini diversikan ala emak-emak rempong Indonesia. Haha

Reaksi:

3 komentar:

  1. Tips2nmya ada yang bisa dicoba mak, coba ahh hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ada yang sesuai keluarga kita Mi. Terus yang air bekas nyuci baju, khusus pengharumnya suka dipakai anak kos buat ngepel lantai. Lumayan gak usah beli pengharum lantai :D

      Hapus
  2. Hihihih... buku ini benar-benar menarik. :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...