20.2.14

Lima Kunci Sukses

Sukses? Siapa yang ga pingin? Saking pinginnya, ga jarang orang menghalalkan segala cara demi kesuksesan. Padahal, tanpa cara-cara culas pun, semua orang berhak untuk sukses. Tinggal gimana usahanya aja.

Ada beberapa tips meraih kesuksesan yang sejati. Rangkuman Edibafree dari beberapa seminar dan buku orang-orang sukses.

1. Share mimpimu pada Allah.
Ini yang paling utama. Curhat dulu pada Allah. Sholat Istikharah, Sholat Taubat, Sholat Hajat. Pokoknya setiap kesempatan manfaatkan untuk curhat alias berdoa. Ini penting demi kemantapan hati dalam meraih sebuah mimpi. Mohon agar kita bisa konsisten dengan sebuah mimpi, ga maruk mau menaklukan semua, maklumlah, manusia kan suka galau. Suka bingung kalau dihadapkan pada banyak pilihan. Maunya diambil semua, dikuasai semua.

2. Share mimpimu ke sebanyak mungkin orang.
Setelah puas curhat sama Allah dan mulai mantap pada sebuah mimpi besar, barulah dibuat outline atau vision board(istilah Bu Septi IIP) atau proposal hidup(Jamil Azzaini). Outline ini berisi poin-poin penting kita dalam mencapai mimpi. Dimulai dari tujuan mimpi kita, lalu dijabarkan langkah-langkahnya.
Setelah outline ini jadi, sebar ke teman-teman. Bisa disebar dalam bentuk tulisan di blog, status FB, tweet. Oh ya, bisa juga dengan membuat kartu nama lengkap dengan profesi yang kita inginkan. Insya Allah akan banyak yang mengamini cita-cita kita.
Takut dikira sok-sokan? Ga usah pikirin, namanya hidup pasti ada yang kontra. Pokoknya yakin aja dengan pilihan kita.  Selama niatnya Lillahita'ala, Insya Allah ga ada yang ga mungkin.

3. Konsisten terhadap sebuah mimpi. Buat prioritas. Tetap sabar dan jangan menyerah.
Menjadi sukses itu ga gampang. Butuh kerja keras, kesabaran, dan juga konsistensi. Perlu manajemen yang baik untuk mencapai target mimpi.
Buatlah jadwal, ini akan membantu kita untuk mengerjakan yang prioritas terlebih dahulu. Ingatlah untuk mengerjakan yang wajib dahulu. Yang paling wajib tentu saja beribadah. Ini kan kunci sukses paling utama. Setelah berdoa, Insya Allah belajar dan bekerja untuk meraih mimpi juga lebih mudah. Insya Allah.

4. Sering mengikuti kompetisi dan seminar, untuk menambah wawasan dan berkenalan dengan para expert di bidangnya.
Ada pepatah mengatakan, banyak teman banyak rezeki. Silaturahmi melancarkan rezeki.
Nah, silaturahmi ga cuma dengan bertamu dan beramah-tamah dengan tetangga. Silaturahmi lebih luas bisa didapatkan dari seminar dan kompetisi.
Kenapa? Karena dalam seminar kita akan bertemu banyak teman sevisi. Sekaligus kita mendapatkan ilmu dari sang expert. Semakin banyak teman sevisi dan kenalan expert di bidang yang kita tuju, Insya Allah semakin terbuka jalan kesuksesan untuk kita.

5. Luruskan niat. Sedikit saja melenceng dan Allah ga ridho, dijamin ga jadi sukses.
Namanya manusia kadang ada rasa ujub dan sombong. Nah, sering-sering beristigfar biar dijauhkan dari sikap tersebut. Karena sekali niatnya ga tulus, dijamin hasilnya juga ga bagus lagi.

Semoga kita semua menjadi orang yang sukses dan berhasil. Aamiin
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...