13.12.13

Tips menulis

Tulisan ini semata-mata untuk mengingatkanku, bilamana aku mulai menyerah untuk tetap menulis (semoga saja tidak)...

1. Seringlah membaca
Seringlah membaca, seperti membaca non fiksi, membaca cerita dan membaca kehidupan. Dengan banyak membaca, wawasan kita akan semakin kaya dan mendapatkan semakin banyak ide untuk ditulis.
2. Mulailah menulis hal yang disuka.
Memulai menulis bisa dari sesuatu yang disuka. Bisa dimulai dari menuliskan pengalaman pribadi Curhat kayak diary saja. Tidak perlu keahlian khusus baru menulis. Justru kamu akan ahli menulis bila sering menulis.
3. Tulislah semua ide langsung
Tulislah semua ide yg tiba-tiba terlintas di note hp, atau di kertas yang gampang dijangkau. Tulis juga mimpimu dikala tidur. Semua ide ini bisa dikembangkan saat mengisi waktu luang atau waktu yang memang disiapkan untuk menulis.
4. Tetaplah menulis tanpa beban
Jangan berharap apa-apa dahulu saat menulis. Tetaplah menulis, nanti semakin hari kemampuan semakin terasah. Menulislah dengan alasan ingin berbagi. Kalau menulis karena berharap menang lomba ataupun cari duit, tak jarang ide malah mandek.*pengalaman pribadi
6. Pikirkanlah, bahwa kamu menulis itu untuk kenangan masa depan.
Layaknya diary zaman kecil. Ketika kita membaca pengalaman kita beberapa tahun yang lalu, waktu serasa diputar ulang, seolah-olah kejadian itu terulang lagi. Bagusnya sih, lebih banyak bercerita tentang hal yang membahagiakan dan inspiratif, kalo cerita sedih jangan sering-sering, soalnya bikin galau. Hehe.
7. Niatkan untuk berbagi.

Niat berbagi lewat tulisan itu ibarat sedekah ilmu. Insya Allah ilmu akan bertambah dengan semakin sering keran ilmu kita dikucurkan. Seperti halnya sedekah harta, sedekah ilmu mencuci ilmu tersebut dari hal-hal yang buruk. jadi, akan semakin barokahlah ilmu tersebut. Insya Allah.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...