21.10.13

Fungsi Lain Sterilizer yang Kamu Harus Tahu!

Suatu pagi berkunjung ke akun facebook teman, ada sebuah posting iklan dari temennya temenku(halah) yang bilang mau jual steam sterilizer dari kado karena anaknya ga nyufor alias ga minum susu formula. Ow..ow..sepertinya belum tau dia betapa serbagunanya steam sterilizer itu. Kegunaan utamanya memang untuk steril botol susu, tapi karena rak botolnya bisa dilepas, jadi ni sterilizer bisa buat kukus kukusan segala. Sampe sekarang belum pensiun nih sterilizer, padahal Faris dah pensiun ngedot 3 bulan lalu. Hehe. Penasaran apa aja gunanya yang udah aku praktekin? Yuuk simak..



1. Buat steril perlengkapan tempur asi
 Yang utama, jelas buat steril botol asip, botol dot, dan tentu saja breastpump. Anakku ga sufor, tapi aku rutin pompa asi 2-3 kali sehari karena aku bekerja. Selama kutinggal kerja aku tinggalin asip 5-6 botol @100 ml pas asix, dan setelah makan 4-5 botol @80 ml. Nah, steam sterilizerku ini kalo pake rak bisa masuk maksimal 6 botol, tapi kalo raknya kulepas, botol asip(aku pake ex UC konsumsi sendiri) plus tutup yang 6 biji plus breastpump manualku yang udah dipreteli dan 1 botol dot buat minum Faris. Bisa muat sekali sterilisasi. Semula bagian silikonnya breastpump aku seduh air panas aja, karena resiko melar, kata olshop laggananku. Tapi belakangan aku nekat sterilin langsung pake sterilizer, Alhamdulillah sampe sekarang dah pensiun masih oke aja performanya, ga melar seperti yang ditakutkan(tapi buat yang masih rajin ga usah ikutin cara sleborku ini, hehe)

2. Buat kukus bahan2 MPASI
Begitu Faris MPASI aku rada ribet kalo kukus2 di kompor, karena kukusanku gede beud. Belum lagi aku trauma pernah gosongin kukusan plus tempat plastiknya meleleh gara gara kelupaan matiin kompor, padahal air kukusan dah asat alias abis. Jadi deh percobaan pertama buat ngukus sayur n buah macam wortel, kentang, apel, pir, pernah juga bayam. Tapi akhirnya bayam aku masukin air mendidih yang langsung dimatikan api kompornya, kalo pake sterilizer jadi coklat daunnya.

3. Buat kukus kue, schootel, dan makanan kukus lain
Percobaan ga sampe disitu. Karena aku sering baca baca resep memasak, jadi deh pengen bikin kue dan cemilan2 gitu. Nah, daripada ribet siapin kukusan, akhirnya aku habis bikin adonan, langsung deh taruh loyang silikon ato kadang2 wadah plastik semacam tupperware. Terus cetek alias tekan deh tombol sterilisasinya. Nah, tapinya, kalo mau buat kue yang ngembang gitu ga bisa pake sterilizer ini. Soale uap panas masih suka jatuh ke makanan.

4. Buat ngangetin nasi
Ini nih kegunaan paling spektakuler menurutku(lebay deh). Karena aku untuk nasi masak di rice cooker(kalo buat penghangat nasi, nasinya jadi keras, masak pake magic com, rasa nasinya ga enak, mana aku buat nasinya sedikit, jadinya malah lengket di pantat pancinya aja), jadi habis masak nasi, stekernya aku cabut. dan beberapa kali aku mendapati nasiku basi ketika selama 12 jam belum dimakan. Akhirnya iseng cobain masukin sterilizer tiap malem kalo masih ada nasi sisa. Alhamdulillah nasiku ga pernah basi lagi

5. Buat ngangetin lauk
Sukses jadi gantinya magic com buat ngangetin nasi, akhirnya nyobain buat ngangetin lauk dari kulkas. Alhamdulillah, ga perlu ribet2 cuci panci karena biasa ngangetin di kompor, ato bermasalah dengan rasa yang berubah dan perlu waktu lama kalo ngangetin pake magic jar or magic com. Panasnya juga rata kalo ngangetin pake sterilizer, biasa kalo pake kompor kan suka ada yang udah gosong, eh tengahnya masih dingin


Intinya..aku cinta banget sama sterilizerku ini. Boleh kado juga nih. Yang ngasih temen ibuku. Berjasa banget ni Oom. Kapan kapan kalo aku ceritain betapa bergunanya pemberiannya ini. Dia pasti bangga B.G.T. ya ga siiih???
kayak gini nih tampilan sterilizerku, rak yang buat botol itu aku lepas jadi dalemnya luaas banget
(kapan2 aku foto yang sebenernya deh, hehe)

Reaksi:

8 komentar:

  1. Wah dapet info bar nih. TFS, Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb..bawaan pelupa..eh malah ketemu fungsinya sebagai pengukus serbaguna

      Hapus
  2. wah, ternyata bisa digunakan untuk hal lain ya, mantabs. Aku mah dimasukkin ke gudang setelah ga dipake, habisnya makan tempat. Hehe

    Makasih sharingnya, Mom ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahqa..kalo aku gara gara ini justru magic com ku yang masuk gudang.

      Hapus
  3. eh ternyata multifungsi yaaa,,, senengnyaa nambah lagi deh pengetahuan.. makasih yaa udah share

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip..itulah serunya blogging..ilmu ga ada habisnya..maksih dah berkunjung..^_^

      Hapus
  4. Huhuhu.. ternyata banyak ya fungsinya selain utk sterilizer :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..mb Nurul..maksih yah mau berkunjung di blog yang sepi ini(wong tuan rumahnya aja baru ngeh komennya udah 4)..intinya kayak kukusan sih..

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...