20.8.16

Ngeblog Itu Harus Punya Motivasi!


Dunia blogging sekarang sudah makin gemerlap saja, kalau dulu ngeblog itu sebagai sarana menyalurkan hobi menulis atau menyampaikan informasi, sekarang ngeblog juga bisa menjadi sarana memperluas koneksi sekaligus rezeki. Iya, memperluas rezeki alias menambah pundi-pundi tabungan. Makanya sekarang dunia blogging mulai penuh dengan intrik, karena sudah uang yang 'berbicara'. Jadi, kalau jangan sampai deh terjebak pada orientasi materi ketika ngeblog. Soalnya kalau sudah orientasinya materi saja, dijamin nggak tenang menjalaninya.

Motivasi utama ngeblog: Berbagi!

Semenjak membuat blog di tahun 2009 dan intens di dunia blogging sejak tahun 2013, aku mulai mengenal banyak blogger dan berbagai motivasinya ngeblog. Satu motivasi utama para blogger itu adalah: BERBAGI. Karena rata-rata mereka menulis sesuai dengan pengalaman dan pendapat mereka akan sesuatu hal. Kalau misalkan dapat pundi-pundi uang dari kegiatan ini, ya itu benefit tambahan lah.

Memiliki tujuan untuk berbagi adalah motivasi ngeblog yang paling utama. Tanpa niat itu maka 'karir' di dunia ngeblog nggak akan lama. Apalagi berharap kaya dari ngeblog, hmm, nggak ada yang instan di dunia ini! Kalau mau sukses di dunia blogging ya harus kerja keras dulu. Tapi kerja keras melakukan sesuatu yang disukai pasti lebih ringan menjalaninya.

Kerja keras pasti membuahkan hasil

Ngomong-ngomong masalah kerja keras, aku punya contoh teman blogger yang bisa sukses berpenghasilan di blog karena motivasi dan kerja kerasnya ngeblog. Dialah Arifah Wulansari, blogger Jogja yang aku kenal di awal aku masuk Kumpulan Emak Blogger. Dialah blogger competition hunter. Motivasinya ngeblog selain untuk berbagi adalah menaklukan berbagai macam kompetisi ngeblog. Buat yang sering ikut lomba blog pasti kenal sama si langganan juara ini. Soalnya hampir setiap kompetisi ngeblog dia pasti ikutan.
Arifah wulansari. fotonya ini mengingatkan awal kenalan dulu, hehe
Mak Ari, panggilan akrabnya, sering sekali menang lomba ngeblog. Aku sendiri termasuk yang sering kepo tulisan lombanya. Soalnya pengen bisa ketuleran hoki lomba ngeblog juga. Kalau dari yang aku perhatikan sih, ada satu kekuatan Mak Arifah ketika membuat postingan lomba blog dan itu menjadi perhatian utama juri (kemungkinan begitu). Mak Arifah itu kalau membuat postingan pasti detail dan lengkap. Alurnya juga dibuat menarik dan grafisnya dibuat dengan selengkap-lengkapnya. Ketika tren pemenang lomba blog banyak membuat infografis, Mak Ari yang paling semangat pengen belajar. Tetapi pada kenyataannya infografis bukan yang utama. Tulisan Mak Ari yang lengkap dan detail tetap berhasil mencuri hati juri.

Fokus, fokus, fokus

Dari tahun 2011 sampai 2016 ini, Mak Ari terus saja menambah daftar achievmentnya di bidang blogging. Padahal rata-rata blogger punya 'masa'nya sendiri menjadi juara lomba blog. Hal ini dikarenakan Mak Ari memang fokus ngeblog untuk menaklukan lomba. Tak banyak loh yang bisa konsisten seperti ini. Biasanya semangat ikut lomba blog kendur saat beberapa kali ikut lomba blog ternyata kalah, atau ada tawaran pekerjaan yang lebih menjanjikan dibandingkan dengan ngeblog yang belum tentu menang. Mak Ari membuktikan, dengan kerja keras dan konsistensi, dia bisa mendapatkan yang dia inginkan di dunia ngeblog.

Teruslah berkarya dan menyemarakkan lomba blog ya Mak Ari ^_^
Reaksi:

9 komentar:

  1. Kepoin blognya Mak Ari juga ah biar menang lomba ngeblog :D

    BalasHapus
  2. Aaakk, aku belum nulis Mak Ari >.<

    BalasHapus
  3. sip sip tengkiyu tulisan inspiratifnya Mak Ardiba, kayaknya kita pernah salaman di suatu acara deeh...hehehe...

    BalasHapus
  4. pertama kali berkunjung ke blognya Mba Ari adalah waktu dia berhasil memenangkan lomba blog teknologi pintar honda. Dan emang bagus-bagus sih tulisannya jadi gak salah lah klo dia sering menang lomba :)

    BalasHapus
  5. Waaah..mak diba kayak paranormal aja..hihihi...bener bgt penerawanganmu tentang motivasiku ngeblog mak. Semangat berbagi sebenarnya memang jd poin utama saat nulis buat ikut lomba, klo bisa menang itu efek samping.

    BalasHapus
  6. Ikutaaaan kepo sama blog mak Ari ahhhh

    BalasHapus
  7. Motivasi, fokus n konsisten ya, Mak..*noted* :)

    BalasHapus
  8. Keceee...baru kenal lho aku mba. Harus kepo nih ah

    BalasHapus
  9. saya kagum sama para blogger yang semangat lomba. Persaingannya itu, lho. Keren!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...