28.9.13

Autentic of Happiness ala Diba

Tahukah optimisme membuat bekerjanya hormon bahagia bernama oksitosin?oksitosin berguna dalam kelancaran persalinan n menyusui,makanya disebut juga hormon cinta. Tahukah hormon bahagia bernama endrophin adalah obat penghilang nyeri alami?dan, betapa nikmatnya hidup kala kita bisa makan dengan enak dan menjalani aktivitas tanpa tekanan,sehingga istirahat menjadi berkualitas?ya,itulah jasa hormon bahagia bernama serotonin n dophamin yg menciptakan rasa nyaman dan tenang..



Itulah dahsyatnya kekuatan bahagia. Oleh karena itu, aq berkesimpulan, dari pengalaman sendiri juga, kita harus menerapkan poin2 berikut agar hidup bahagia, - kalo kata iklan..yg penting..heppi-..

1. Optimis
Jalani hidupmu selalu optimis. Karena kamu,adalah apa yg kamu persangkakan(dikutip dari Ayat Al Quran,tapi surat apa yah?). Hal mudah yg bisa dilakukan adalah selalu berprasangka baik dgn Allah SWT walo disaat susah. Stop juga negative thinking sm orang. Buang2 energi! Masak mau was2 setiap waktu? Waspada sih perlu,tapi percaya juga ada tangan Allah yg senantiasa melindungimu.
Masih takut juga? Aq dong udah buktiin. Dengan kekuatan optimis aq bisa menyusui full sampe Faris mau 8 bulan tanpa keluhan asi kurang,dgn modal optimis..'asi sy pasti cukup',ga pake booster2 asi
Satu lagi manfaat optimis. Pernah suatu kali aq mau flu. Aq ikhtiar minum vit c dan habbatusauda sambil berdoa n optimis ga bakal sakit. Eh beneran loh ga jadi meriang2.. Mingkin itu juga kenapa habbatusauda jadi obat segala penyakit kecuali kematian. Kuncinya pada optimisme/kekuatan sugesti

2. Seringlah menggunakan kata positif dan mengurangi 'tidak' ato 'jangan'
Jujur,mana yg lebih enak didengar..pintar ato jangan bodoh? Yah..arti emang beda2 dikit, tapi kuping lebih enak dengar kata pintar kan? Dan jujur, aq termotivasi untuk benar2 jadi pintar kalo dibilang begitu. Beda dgn 'jangan bodoh'..tetap ga akan jadi pintar karena goalnya cukup jangan jadi bodoh.

3. Selalu mengapresiasi lingkungan sekitar
Stop terlalu banyak mengkritik dan menuntut. Lihatlah semua dari sisi baiknya. Sejelek dan sejahatnya orang, pasti ada sisi baiknya,asal kita mau menggalinya. Ingat, semua punya alasan/sebab untuk berbuat jahat, dan ini yg kita tindak lanjuti. Contoh sederhana, anak berbohong jangan langsung dicap anak nakal, tapi galilah info kenapa dia bohong? Oh..ternyata dia takut dimarah kalo jujur. Jadi,kalo mau anak ga bohong, ya bersikap terbukalah dgn anak. Beri arahan bila anak salah, bukan dimarah,karena hanya akan buat dia jadi berbohong
Apresiasi dengan pujian setiap kebaikan orang, tentunya dengan penuh ketulusan. Aq pribadi kalo dipuji akan terpacu untuk lebih baik lagi. Khhawatir orang akan sombong kalo dipuji trs? Biarin aja..semua milik Allah dan akan kembali sama Allah. Paling ngga, Insya Allah dengan pujian n energi positif, hubungan kita dengan orang lain akan lebih hangat dan berarti-unforgetable-

4. Perhatikan konsumsi makanan
Banyak penelitian tentang pengaruh makanan dalam merangkai mood seseorang. Sebenernya itu ada kaitannya dengan hormon yang diaktifkan kala mengkonsumsi makanan tersebut. Contoh,kandungan theobromine pada coklat yg beri efek menenangkan(mengaktifkan hormon dophamin dan serotonin). Ato paling ga perut kenyang kan biasanya hati jadi lebih tenang n ga grusa grusu to? Yup, perut kenyang juga mengaktifkan hormon bahagia kita

5. Berusaha semaksimal mungkin lalu berserah diri pada Illahi(Allah SWT)
Sebanarnya masih berkaitan dengan optimisme, tapi disini aq pengen bilang,kalo kita pasrah dan berserah diri dgn Allah setelah segala daya n upaya meraih cita2. Insya Allah hidup akan tenang. Ga usah terburu2 ingin dipenuhi keinginannya. Slow down aja..kalo waktunya,kita dapet juga kok.. Nah,kalo ini gampangnya(yg aku alami),yaitu program punya anak. Jujur, pas hamil belum siap punya anak. Tapi udah deh,pasrah aja, Allah dan mengamanahkan aq punya anak pasti ada bekalnya sendiri. Dan Alhamdulillah, aq menjalani peran ibu dgn penuh bahagia-bahkan aq terlihat lebih ceria setelah punya anak, semua karena petunjuk Allah sehingga aku bisa tau banyak ilmu parenting yang ternyata sangat mudah diterapkan..

Yuk, mulai berpikir dan berkata positif penuh ketulusan untuk hidup yang lebih baik(bahagia)

Ardiba,30 Juni 12
Dari berbagai sumber yg ga bisa disebutkan satu persatu..(lupa!wong ayat Al Quran aj bs lupa..parah..)
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...