14.7.19

Aktif dan Percaya Diri karena Ekstrak Cranberry. Bebas Anyang-anyangan!


Hari ini berkesempatan untuk mengikuti acara Prive Uricran Woman Community dengan tema "Aktif dan Percaya Diri dengan Memelihara Saluran Kemih". Acara berlangsung di The Rich Hotel tanggal 13 Juli 2019. Acara dipandu oleh Mas Puja Raditya. Sekitar jam 10 pagi, acara dimulai dengan dibuka oleh Ibu Dyah Pari Koening selaku Brand Activation Manager Combiphar. Beliau mengungkapkan bahwa pada acara kali ini menghadirkan dokter kandungan kondang se-Jogja, jadi diharapkan peserta memanfaatkan sebaik-baiknya waktu talkshow ini.

Dokter kandungan kondang yang dimaksud adalah Dr. Nurhadi Rahman SpOG. Beliau mengungkapkan bahwa, saluran kemih wanita (ureter) hanya 5 cm dr kandung kemih, jd lebih rentan ISK. Infeksi pada ureter pada awalnya akan menimbulkan gejala anyang-anyangan dan rasa panas ketika buang air kecil. Gelaja ini kalau dibiarkan akan merambat ke kandung kemih sehingga terjadu infeksi saluran kemih (ISK), kalau masih dibiarkan maka naik lagi ke atas, menyebabkan nyeri pinggang yang fatalnya akan menyerang ginjal. Kalau sudah begini, bisa beresiko gagal ginjal. Wow, jadi jangan sepelekan keluhan saat buang air kecil nih!

ISK bisa merambat dari uretra sampai ginjal!

Bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih berasal dari anus dan vagina. Makanya kalau membasuh sehabis berkemih harus dilakukan dari depan ke belakang. Faktanya, 5 dari 10 wanita mengalami infeksi saluran kemih. Kalau sudah kena infeksi, harus minum antibiotik, selain itu gejala ISK mirip keputihan dan radang punggung, jadi harus diperiksakan ke dokter untuk menegakkan diagnosis ya.

Kehamilan, manapouse, dan kencing manis dapat lebih rentan terkena ISK. Ada pula ISK tanpa gejala tmyang apabila terjadi saat kehamilan akan menyebabkan kelahiran prematur dan bayi terkena infeksi. Jadi pencegahan terhadap  infeksi tersebut mutlak dilakukan.
dr Hadi

Ada beberapa kebiasaan baik yang dapat mencegah dan menghindarkan dari penyakit ISK, antara lain:


  1. Banyak minum air putih. Perhatikan untuk minum setiap hari minimal 8 gelas air putih.
  2. Sebelum dan setelah melakukan hubungan seksual harus segera berkemih.
  3. Cebok dari arah depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari anus dan vagina masuk ke saluran kemih.
  4. Membersihkan kewanitaan menggunakan air hangat saja, karena pembersih kewanitaan belum tentu cocok
  5. Mengkonsumsi cranberry. Cranberry melapisi kandung kemih agar terlindungi dari bakteri pencegah ISK. Khasiat cranberry bubuk atau kapsul sama dengan jus, jadi bisa dengan konsumsi Prive Uricran ya?


Selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Saya paling terkesan dengan pertanyaan Bunda Kidung dari Komunitas Eping yang bertanya, kalau keputihan apalagi sampai bau ikan asin, bisa pengaruh ke ISK nggak? Ternyata itu berbeda, nggak ada hubungan antara parahnya keputihan dengan kemungkinan terkena ISK, karena 'lubang'nya berbeda. Walaupun demikian, gejala sakitnya memang mirip, jadi itulah yang membuat rancu. Terus, bila saat menstruasi pakai menstrual cup, apakah meningkatkan resiko ISK? Kalau untuk terkena ISK sendiri tidak, karena menstrual cup diletakkan di lubang vagina. Tetapi tentu saja jangan lupa untuk menjaga kebersihan menstrual cup yang digunakan dengan mengosongkan dan membersihkan menstrual cup setiap beberapa jam sekali. Dokter Hadi pernah menangani kasus infeksi karena lupa mengeluarkan menstrual cup selama 2 minggu. Wow? 2 minggu? Gimana bisa lupa begitu ya? Saya sebagai pengguna menstrual cup saja pasti mengosongkan dan membersihkan menstrual cup paling tidak setelah 4 jam penggunaan.
Bunda Kidung dengan pertanyaan kekinian seputar ikan asin dan menstrual cup

Gara-gara ada pertanyaan ini nih, di meja kami jadi sempat diskusi soal menstrual cup. Jadi teringat di facebook sempat heboh soal menstrual pad vs menstrual cup. Tim menstrual pads adalah mereka yang ngeri membayangkan cup sebesar itu masuk ke miss v. Ya jujur memang ngeri sih kalau cuma dibayangkan, saya pun sebelum menjadi menstrual cup lover juga takut mau memasukkan cup tersebut. Tapi begitu tahu triknya, wah nggak mau balik ke menstrual pads lagi, karena membersihkan menstrual cup itu jauh lebih mudah dibanding membersihkan pembalut. Bisa langsung dipakai lagi pula. Wah, jadi melenceng dari pembahasan soal kandung kemih nih. Nggak apa-apa lah ya, kan pembicaranya dokter spesialis kandungan juga. Hehe.

Oiya, dari talkshow ini, dr Hadi mengingatkan untuk kemudian tidak terlalu takut dengan anyang-anyangan. Karena anyang-anyangan belum tentu gejala ISK. Bisa saja karena pengaruh ibu habis melahirkan, otot-ototnya belum pulih sehingga belum optimal menahan kencing, gejala ini akan tampak seperti anyang-anyangan.

Selesai sesi tanya jawab dari dr. Hadi, selanjutnya adalah materi dari Michella Talita. Brand manager Prive Uricran. Menurut pemaparannya, infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang paling umum terjadi pada manusia. Seperti yang sudah dipaparkan dr Hadi tadi, bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK, dan ternyata 2 diantaranya mengalami ISK berulang.
Michella Talita

Kenapa sih bisa terkena ISK? Ternyata ini nih biang kerok dari 80% kasus ISK yang terjadi. Dialah bakteri E. coli.
Si tengil E. coli

Sudah kenal dengan bakteri E. coli? Ini sih bakteri kondang yang jadi indikator sanitasi suatu lingkungan. Sejatinya bakteri ini hidup pada saluran pencernaan manusia dan dikeluarkan melalui feses dari anus. Nah, makanya bila cara ceboknya tidak benar, bakteri E. coli akan masuk ke saluran kemih dan menempel di dinding saluran kemih. Bila didiamkan akan menyebabkan ISK. Selain perilaku cebok yang tidak tepat, penyebab bakteri dapat menginfeksi saluran kemih antara lain karena toilet yang kurang bersih, air kotor, kebiasaan menahan buang air kecil, atau bisa dari hubungan seksual.

Prive Uricran U&A Research melakukan survey kepada penderita ayang-anyangan pada bulan Desember 2018. Menurut hasil survey, sekitar 52% penderita anyang-anyangan tidak melakukan pencegahan dan pengobatan anyang-anyangan yang dideritanya. Alasan terbesarnya adalah karena tidak tahu pengobatannya. Padahal, saat ini ada solusi pencegahan anyang-anyangan tanpa efek samping, yaitu dengan mengkonsumsi cranberry. Kandungan Proantocyanidin (PAC) dapat mencegah penempelan bakteri E. coli pada saluran kemih. PAC akan menyelimuti E. coli sehingga E. coli tidak bisa menempel pada sel epitel kandung kemih. Konsumsi cranberry setiap hari tetap aman dan efektif, terutama bila mengkonsumsi ekstraknya. Dengan demikian, tidak perlu konsumsi antibiotik untuk mengatasi ISK.
Gak mau pisah sama ekstrak cranberry dari Prive Uricran

Yuk cegah ISK dengan rutin mengkonsumsi  cranberry setiap hari. Tidak perlu khawatir cranberry susah didapat, karena ada Prive Uricran yang terdiri dari dua varian. Uricran Capsule yang mengandung ekstrak cranberry 250 mg per kapsul, atau Uricran Plus dengan 375 mg ekstrak cranberry dengan tambahan 60 mg vitamin C, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum dan 0.1 mg Lactobacillus acidophillus. Pas acara ini ada tester Uricran Plus. Rasanya segar, seperti minuman serbuk sari buah. Diajurkan dilarutkan pada air dingin. Hmm, kebayang gimana segarnya kan?

Blogger Jogja siap menjaga kesehatan kandung kemih (pic from kartikanugmalia)
Tertarik mencoba Uri-cran? Yuk cobain sekarang aja, mumpung lagi ada kuis berhadiah tiket ke acara puncak UriCrevent di Jakarta. Caranya gampang banget:

Follow akun instagram @uricran.id
Cek kuisnya dan jawab pertanyaannya di kolom komentar
Gunakan hashtag #uricran dan #uricrevent

Dan untuk teman-teman yang masih penasaran ingin tahu lebih lanjut mengenai anyang-anyangan, ISK, dan Uri-cran, langsung saja kunjungi website Uri-cran di http://uricran.co.id
Tinggal larutkan air biasa. Segar!

#priveuricran
#combhipar
#uricranwomenscommunity
#jogjasolo
Reaksi:

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...