28.6.20

Qurban Jelajah Negeri Syam Organizer


Hari ini di Hotel Matahari Yogyakarta, Syam Organizer mensosialisasikan tentang program kegiatan mereka, terutama program menyambut Idul Adha 1441 H nanti yaitu Qurban Jelajah Negeri. Sebelum membahas tentang Qurban Jelajah Negeri, ada sekelumit cerita dari Syaiful Haq, seorang relawan kemanusian.

Spirit kemanusiaan. 

Bicara kemanusiaan, ada tragedi yang menuntut kita untuk lebih berbuat untuk kemanusiaan. Ikatan walau terdiri dari berbagai bangsa tetapi sama akidahnya adalah ikatan yang sangat kuat. Saat ini saudara di Palestina sedang terus berjuang melindungi Al-Aqsa. Ini nggak cuma tanggung jawab penduduk Palestina tetapi muslim seluruh dunia. Oleh karena itu, penting untuk membantu perjuangan masyarakat Negeri Syam. Saat pemaparan kita disuguhkan dengan video perjuangan masyarakat Palestina. Sungguh, terenyuh dan sedih menontonnya. Seketika aku tersadar bahwa cobaan hidupku ini nggak ada apa-apanya dibandingkan cobaan mereka. Kalau membantu dengan tangan sendiri mungkin aku belum mampu, tetapi setidaknya aku bisa membantu dengan bersedekah lewat organisasi kemanusiaan seperti Syam Organizer ini. Bismillah.

Pemateri: Bpk Syaiful Haq (tengah) dan Bpk Laswadi (kanan)

Materi selanjutnya, disampaikan oleh direktur program Syam, Bapak Laswadi. Beliau menjelaskan tentang Syam Organizer dan program-program yang sedang berjalan saat ini. Latar belakang Syam Organizer adalah berawal dari kegiatan event organizer pada tahun 2013, saat itu memang pelaksanaan kegiatannya antara lain tabligh akbar, bedah buku, yang keuntungannya ditujukan untuk memberi bantuan kepada Negeri Syam terutama Palestina dan Suriah. Lalu pada tahun 2018, organisasi ini meningkat menjadi lembaga kemanusiaan yang tetap berfokus memberikan bantuan kepada Negeri Syam.

Negeri Syam terutama Suriah dan Palestina saat ini masih mengalami bencana kemanusiaan yg dahsyat. Syam Organizer berusaha membantu sesuai standar pokok minimum kebutuhan pada situasi bencana menurut UNICEF, yaitu antara lain:
1. Air dan sanitasi yang baik
2. Pelayanan kesehatan yang cukup
3. Pangan dan gizi terpenuhi
4. Shelter, pemukiman dan logistik non makanan tersedia
5. Pendidikan dapat dilaksanakan

Swlanjutnya bapak Laswadi menjelaskan beberapa program yang sedang dikerjakan oleh Syam Organizer antara lain program sumber daya air tenaga surya, program sekolah juara indonesia, madrasah tahfidz Indonesia untuk Palestina, program listrik tenaga surya, dan yang sekarang lagi dikampanyekan adalah Qurban Jelajah Negeri. Untuk program Qurban Jelajah Negeri ini, negara yang menjadi sasaran program  nggak hanya Negeri Syam, tetapi juga di pelosok Indonesia dan Yaman. Negara Yaman dipilih karena kondisi disana pada saat ini masih peperangan dan prevalensi malnutrisi pada anak-anaknya sangat tinggi. Dengan masuknya program Qurban Jelajah Negeri disana, diharapkan dapat memperbaiki status gizi anak-anak di Yaman.

Untuk paket Qurban Jelajah Negeri, bisa dilihat pada poster dibawah ini:


Qurban Jelajah Negeri bisa menjadi salah satu alternatif berkurban disaat pandemi seperti saat ini. Karena penyelenggaraannya sangat praktis, cukup dengan mentransfer ke rekening yang tertera di poster, nanti ada laporan penyelenggaraan kurban dalam bentuk majalah yang dikirimkan ke alamat atau diemail. Oh ya, karena nominal kurban ini cukup besar, apabila masih belum yakin dengan penyelenggaraan Qurban Jelajah Negeri ini, petugas Syam Organizer bersedia mempresentasikan secara privat kepada kita, bisa menghubungi sosmed Syam Organizer untuk informasi lebih lanjut.

Sebelum pulang, kami dioleh-olehi celengan kaleng yang nanti dapat diisi rutin, sekaligus sarana belajar menabung sedekah untuk anak-anak. Nanti petugas dari Syam Organizer akan mengecek celengan tersebut dalam kurun waktu 2-3 bulan. Asyiknya nanti donasi kita di celengan tersebut akan dijemput oleh petugas dari Syam Organizer.

Tertarik menjadi salah satu donatur Syam Organizer? Cuss bisa datang langsung atau kontak sosmednya di bawah ini:

Syam Organizer
Alamat cabang Yogyakarta
Jl. Suryodiningratan No.605, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143
Telpon: (0274)4287146

Website:https://syamorganizer.org/
IG: @syamorganizer
FB: Syam Organizer
Reaksi:

3 komentar:

  1. Alhamdulillah ada solusi berkurban di tengah pandemi bersama Syam Organizer ya.

    BalasHapus
  2. Kaleng yang kemarin didapat dari acara Syam Organizer, jadi bikin semangat Tio buat belajar sedekah :)

    BalasHapus
  3. Ak kemaren lupa nanya, klo di Saudi hewan kurban jamaah haji kan juga diolah dan dikirimkan ke seluruh dunia termasuk ke Syam, cuma dibuat dalam bentuk kaleng biar lebih tahan lama.

    Sapa tau Syam Organizer juga bikin itu biar kualitas daging bisa terjaga hingga bbrp bulan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...